Penerapan Konsep Rangka Manusia pada Pesawat Sederhana

Beragam pesawat sederhana memiliki kesamaan dengan prinsip dasar dari sistem gerak manusia. Berikut adalah beberapa di antaranya.

 

Otot, sendi, dan rangka yang merupakan sistem gerak manusia memiliki keterkaitan yang erat dengan prinsip kerja sejumlah pesawat sederhana. Pesawat sederhana sendiri dimaknai sebagai alat-alat yang dibuat khusus untuk memudahkan manusia dalam melakukan berbagai usaha fisik, seperti mendorong, memotong, atau memindahkan benda.

Untuk dapat memahami lebih jauh mengenai kesamaan prinsip kerja pada sistem gerak atau rangka manusia dan pesawat sederhana, berikut adalah beberapa contoh pesawat sederhana yang menerapkan konsep dari sistem gerak manusia.

 

1.     Tuas atau Pengungkit

Tuas atau pengungkit merupakan alat yang digunakan untuk mengangkat benda berat. Salah satu jenis pesawat sederhana ini terdiri dari tiga elemen utama, yakni titik tumpu, titik beban, dan titik tangkap gaya.

Prinsip kerja pada tuas sebenarnya memiliki kesamaan dengan sistem gerak manusia di bagian lengan yang meliputi rangka serta otot bisep dan trisep. Seperti halnya tuas yang memiliki titik tumpu, kerja otot-otot lengan pun bertumpu pada sendi tangan di antara lengan atas dan lengan bawah.

 

2.     Katrol

Katrol memiliki fungsi yang serupa dengan tuas atau pengungkit. Selain sama-sama digunakan untuk mengangkat benda berat, keduanya juga menerapkan prinsip kerja sistem gerak manusia pada bagian lengan.

Dalam cakupan pesawat sederhana, katrol dibedakan ke dalam tiga jenis. Ketiga jenis katrol tersebut adalah katrol tunggal dengan satu titik tumpu di bagian tengah, katrol ganda dengan titik tumpu di antara alat dan benda, serta katrol majemuk yang memiliki lebih dari dua titik tumpu.

 

3.     Bidang Miring

Berfungsi untuk memudahkan pemindahan benda dari ketinggian yang berbeda, bidang miring adalah pesawat sederhana yang menerapkan prinsip kerja rangka kaki manusia.

Pesawat sederhana ini berupa bidang datar yang dimiringkan dalam besaran sudut tertentu. Dalam sistem gerak manusia, cara kerja bidang miring hampir serupa dengan rangka telapak kaki dan otot pergelangan kaki yang berjinjit untuk menjangkau benda di tempat lebih tinggi.

 

Itulah beberapa contoh pesawat sederhana yang menerapkan konsep rangka manusia pada sistem kerjanya. Untuk mempelajari lebih lanjut mengenai materi rangka manusia dan pesawat sederhana, kamu juga dapat mengakses materi ini melalui beragam pilihan media digital yang menarik di Primaindisoft.

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?