4 Cara Sederhana Meningkatkan Semangat Belajar Anak di Tahun Ajaran Baru

 

Tahun ajaran baru segera datang dan kegiatan belajar mengajar akan kembali dilakukan. Setelah mengalami libur panjang nyaris sebulan sejak Lebaran dan puasa, kamu tentu akan sedikit malas untuk mempelajari sesuatu. Beberapa mungkin masih ingin bersantai di rumah dan menikmati permainan atau pelesir.

 

Nah, agar tahun ajaran baru bisa dilalui dengan semangat dan anti malas, coba lakukan beberapa hal di bawah ini mulai dari sekarang.

 

1. Mulai Mencari Tahu Mata Pelajaran yang Akan Diajarkan

Tidak semua anak suka mencari tahu pelajaran apa saja yang dipelajari nanti saat sekolah dimulai lagi. Mereka akan pasrah saja menunggu guru memberikan materi itu. Akhirnya saat diajarkan beberapa dari siswa jadi tidak semangat.

Kalau kamu ingin semangat belajar, terlebih dahulu ketahui materi apa yang diajarkan Selanjutnya pelajari sedikit dan pahami. Tidak perlu sampai paham semua. Nanti saat diajarkan, kamu akan lebih paham dan pembelajaran jadi menyenangkan.

 

2. Menyusun Rencana Studi di Masa Depan

Kalau kamu sudah naik di kelas 9 tentu akan mulai memikirkan rencana untuk sekolah di masa depan. Misal memiliki sekolah yang jadi incaran. Dengan memiliki rencana ke depan, tentu kamu tidak akan malas-malasan dan lebih banyak belajar karena cita-cita jangka pendek harus diwujudkan.

 

3. Mencari Kelompok Belajar

Cari kelompok belajar yang memiliki visi dan misi yang sama. Misal kamu mengajak teman untuk les bareng atau merencanakan belajar bersama. Belajar dengan banyak orang cukup menyenangkan. Namun, kamu tidak boleh hanya mengobrol, atau main game saja.

 

4. Mencari Media Belajar Interaktif

Cari media pembelajaran yang unik dan interaktif. Kalau hanya membaca buku saja tentu akan membuat kamu jadi semangat. Namun, kalau kamu menggunakan video, aplikasi, atau media belajar online seperti Primaindisoft, pembelajaran tahun ajaran baru akan lebih menyenangkan. Kamu bisa mendapatkan materi belajar dan kumpulan latihan soal lengkap dengan pembahasannya.

 

 

Bagaimana dengan semangat yang kamu miliki sekarang? Semoga ulasan di atas bisa kamu jadikan acuan sehingga tahun ajaran baru di sekolah jadi lebih menyenangkan dan semua materi yang diberikan bisa dipahami dengan baik.

Komentar