3 Alasan Serunya Belajar dengan Mind Map

Buat cara belajar anak lebih seru dengan menggunakan mind map atau peta pikiran. Ini 3 alasan yang harus Anda tahu.

 

Anda pernah mendengar metode belajar mind map? Metode belajar ini dicetuskan oleh Tony Buzan, psikolog berkebangsaan Inggris. Dengan cara membuat peta pikiran, sebuah konsep dan ide dapat tertata secara visual. Dalam dunia pendidikan, kehadiran metode belajar ini mendobrak kebiasaan menghafal materi pelajaran yang selama ini dilakukan.

 

Kita harus mengakui bahwa banyak orang tua menganggap mampu menghafal materi pelajaran berarti anak sudah mengerti. Padahal, mengandalkan hafalan saja tidak cukup karena membuat anak hanya tahu tanpa memahami lebih dalam apa yang ia pelajari.

Maka, Anda bisa mengenalkan metode belajar ini kepada anak. Ada 3 alasan serunya belajar dengan peta pikiran yang perlu Anda tahu.

 

Membantu anak belajar dengan cara kreatif


Jangan terkejut jika Anda perlu menyiapkan spidol atau alat tulis warna-warni untuk melakukan mind mapping. Sejak menulis konsep atau tema yang hendak dipelajari, anak diajak berkreasi dengan aneka warna, bentuk, dan simbol untuk membantunya memahami materi pelajaran. Semua akan tergambar jelas pada satu halaman mind map. Anak juga semangat mempelajari kembali materi tersebut karena disajikan menarik secara visual, penuh warna dan gambar lucu, serta tidak membosankan.

 

Materi sulit pun lebih mudah dipahami dan dikuasai

 

 

Metode ini memungkinkan anak memahami lebih dulu gambaran besar materi secara utuh. Hal tersebut terjadi karena semua gagasan tentang tema tersaji dalam satu lembar, lengkap dengan kata kunci untuk mendeskripsikan masing-masing materi. Walhasil, anak bisa memahami suatu materi dengan mudah dan lebih cepat menguasainya ketimbang sekadar membaca dan membolak-balikkan halaman buku.

 

Meningkatkan daya ingat anak hingga hal terkecil

 

 

Cara ini memungkinkan anak lebih mudah mengingat suatu konsep hingga hal terkecil. Saat membuat peta pikiran, otak kanan anak terangsang untuk berimajinasi dan menuangkan pemahaman atas konsep tersebut dalam visualisasi menarik.

Kehadiran kata kunci dari setiap gagasan juga memudahkan anak fokus pada poin penting dari pelajaran tersebut dan membawa anak mengerti materi tersebut secara utuh. Inilah yang membuat ia mudah mengingat hal-hal detail karena kata kunci membantunya mengasosiasikan satu gagasan ke gagasan lain.

 

Anda ingin mencoba mengajarkan anak mind map? Silakan cek Primaindisoft dan cari materi peta pikiran bumi dan alam semesta. Ini merupakan contoh mind mapping sederhana tentang bumi dan cocok untuk siswa SD. Materi tersebut bisa menjadi inspirasi anak dalam membuat peta pikiran dari pelajaran sekolahnya.

 

Komentar