4 Cara Mudah Membuat Media Pembelajaran Video yang Menarik

Konten pembelajaran dengan video bisa dibuat dengan mudah asal memiliki konsep yang matang.

 

Tahukah Anda kalau dalam belajar, anak akan lebih paham terhadap materi kalau memperhatikan kelas yang interaktif dan menarik. Daripada menggunakan teks saja dan pembelajaran dilakukan secara biasa, Anda bisa melakukan pembelajaran dengan memadukan komponen audio dan juga visual.

 

 

Nah, salah satu cara untuk menggabungkan dua komponen itu adalah dengan membuat video. Berikut beberapa cara sederhana membuat video yang bisa membuat pembelajaran di kelas jadi menarik.

 

1. Membuat Konsep Video dengan Matang

Sebelum memutuskan untuk membuat video pembelajaran yang akan membuat Anda semakin antusias dalam belajar, ada baiknya untuk membuat konsep. Konsep yang matang ini akan menentukan keberhasilan dari video yang akan dibuat. Kalau video dibuat asal-asalan, materi tidak akan tersampaikan dengan baik.

 

Oh ya, perlu diingat kalau tidak semua materi bisa dibuat dalam bentuk video. Jadi, sebelum mengajar dan memberikan materi, cari materi mana saja yang bisa digunakan untuk membuat video dan materinya bisa dimasukkan dengan sempurna.

 

2. Belajar Mengedit Video

Konten pembelajaran dengan video memang tidak mudah dibuat dan dibutuhkan dedikasi yang tinggi kalau Anda ingin membuatnya. Beberapa aplikasi edit video bisa digunakan seperti Adobe Premiere CS6. Anda bisa mempelajari aneka tahap belajar edit video di Primaindisoft.

 

3. Mengevaluasi Video yang Telah Dibuat

Setelah membuat video yang dibutuhkan untuk pembelajaran, jangan langsung gunakan. Anda bisa melakukan evaluasi terlebih dahulu. Evaluasi apa saja yang masih kurang dan harus ditambahkan. Setelah melalui evaluasi dan edit beberapa kali barulah media bisa digunakan.

 

4. Mencari Bahan Video

Anda bisa membuat media dengan menggabungkan beberapa video yang sudah ada. Misal percobaan yang ada di Youtube. Kalau ingin video orisinal, Anda bisa membuatnya sendiri dan mencari bahan yang dibutuhkan. Asal memiliki konsep yang baik, video akan mudah dibuat.

Inilah beberapa ulasan tentang konten pembelajaran dengan video. Dengan menggunakan video, anak-anak tidak akan bosan di dalam kelas dan pemahaman mereka pada suatu materi bisa meningkat dengan sendirinya.

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?