Tips Memberikan Semangat Belajar pada Anak SD Pasca Ambil Rapor

Setiap jenjang tahun di Sekolah Dasar atau SD, materi yang diberikan akan mengalami perkembangan. Mata pelajaran dari kelas 1 hingga kelas 6 akan terus memiliki pertambahan bobot. Biasanya pada tiga tahun pertama anak bisa bertahan dengan baik. Namun, memasuki tahun keempat mereka akan mulai kesulitan untuk berjuang.

Nah, karena tidak semua anak memiliki perkembangan kognitif yang sama, terkadang ada anak yang sudah menerima pelajaran. Akibatnya nilai rapor terus memburuk dan kerap mendapatkan masalah. Kalau saat pengambilan rapor ada nilai anak yang mengalami penurunan, berikan semangat dengan cara di bawah ini.

  1. Jangan Langsung Memarahi Anak

Kalau Anda memiliki nilai buruk pada satu atau beberapa mata pelajaran, usahakan untuk tidak langsung memarahinya atau mungkin menghukum. Lebih baik melihat dahulu apakah hal ini dialami juga oleh anak yang lain atau tidak. Kalau hanya anak Anda saja berarti memang terjadi masalah.

  1. Minta Anak Menjelaskan Kesulitannya

Bertanyalah pada anak tentang kesulitan belajar yang dialaminya saat berada di kelas. Apakah nilai turun karena memang susah memahami atau karena mereka sibuk sendiri di dalam kelas sehingga jarang memperhatikan guru.

Anda bisa bertanya juga pada guru yang mengajar dan wali kelas. Dengan melakukan ini Anda akan tahu mana saja yang harus diperbaiki dan ditingkatkan.

  1. Diberi Tawaran untuk Les

Kalau kesulitan belajar muncul karena anak memang susah memahami materi beri tawaran padanya untuk melakukan les. Kalau anak menyetujuinya Anda bisa mencarikan tempat les atau memanggil guru untuk memberikan tambahan pelajaran dan menjelaskan materi dengan lebih mudah.

  1. Menjanjikan Hadiah Kalau Ada Peningkatan

Tidak bisa dimungkiri lagi kalau anak akan terpicu untuk selalu berjuang dengan baik kalau mereka dijanjikan sesuatu. Karena sifatnya untuk mendidik Anda bisa menjanjikan anak untuk dibelikan sepatu baru atau mungkin jalan-jalan kalau salah satu nilainya mengalami peningkatan. Misal nilai Matematika tidak merah kembali.

Semoga ulasan di atas bisa membuat Anda lebih bijak dalam menyikapi perkembangan anak saat penerimaan rapor SD. Untuk mendukung proses belajar anak agar nilainya lebih baik, ada baiknya Anda menemaninya belajar dengan materi yang sesuai kurikulum. Materi lengkap untuk anak TK, SD, SMP, hingga SMA bisa Anda dapatkan dengan mudah di Primaindisoft. Sign up sekarang juga untuk memperoleh manfaatnya.

 

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?