3 Cara Mengajarkan Anak Merawat Tubuh Sambil Bermain

Bagaimana cara mengajarkan anak merawat tubuh sambil bermain? Simak beberapa triknya berikut ini!

Ayah Bunda, anak tidak dilahirkan dalam keadaan mampu merawat diri. Di tahun-tahun awal kehidupan hingga usia pra sekolah, Anda harus membantunya melakukan banyak hal seperti mandi, menyikat gigi hingga mencuci tangan dan kaki. Tapi bukan berarti mereka harus terus bergantung pada Anda dalam waktu yang lama. Memasuki usia sekolah dasar, mereka harus bisa melakukan perawatan diri sendiri.

Agar mandiri, ada beberapa cara mengajarkan anak merawat tubuh sambil bermain yang bisa coba Anda terapkan di rumah. Simak 3 di antaranya berikut ini!

Mengajari Anak Mandi

Banyak anak-anak yang susah sekali jika diajak mandi. Bisa karena dia belum bisa mandi sendiri atau karena tidak suka aktivitas mandi. Mengajarkan anak merawat tubuh sambil bermain bisa dimulai dengan menciptakan suasana mandi yang menyenangkan. Misalnya saja mandi sambil berendam atau bermain busa. Bisa juga mandi bersama dengan adik dan kakaknya.

Mengajari Anak Sikat Gigi

Sikat gigi terutama sebelum tidur adalah aktivitas yang harus dibiasakan sejak kecil. Agar anak mau belajar menyikat giginya sendiri, cobalah lakukan aktivitas ini bersama-sama dengannya. Sembari mendengarkan lagu kesukaannya atau sambil bersenandung riang. Membelikannya sikat gigi lucu lengkap dengan pasta giginya juga bisa membuatnya lebih bersemangat menyikat gigi setiap hari.

Mengajari Anak Mencuci Tangan

Dengan begitu banyak aktivitas yang dilakukannya di luar rumah, anak cenderung lebih mudah terpapar bakteri dan kuman. Ini sangat berbahaya, apalagi jika si kecil tidak dibiasakan untuk mencuci tangan sebelum makan atau menyentuh wajahnya. Selain bisa mengalami sakit, anak juga mungkin akan mengalami beragam reaksi alergi.

Agar anak mau mencuci tangannya sendiri, Anda bisa memilihkan sabun pencuci tangan khusus. Saat ini ada banyak sekali varian produk yang bisa Anda beli. Misalnya saja sabun yang memberikan efek busa yang banyak atau sabun yang memiliki aroma yang disukai si kecil. Anda juga bisa memutarkan lagu khusus untuk cuci tangan agar durasinya sesuai dengan anjuran yakni 20-30 detik.

Supaya mengajarkan anak merawat tubuh dengan bermain terasa semakin seru, jangan lupa putarkan video-video tentang pentingnya menjaga kesehatan dan kebersihan diri. Beberapa materi seru tentang merawat tubuh juga bisa Anda temukan di Primaindisoft.

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?