Kebutuhan Dasar Anak Usia Dini untuk Memaksimalkan Perkembangannya

Apa saja kebutuhan anak usia dini dan bagaimana Anda bisa memaksimalkan tumbuh kembangnya lewat pemenuhan kebutuhan-kebutuhan tersebut?

Setiap anak, terutama yang masih berusia dini (antara 0-8 tahun) memerlukan berbagai kebutuhan khusus. Semua kebutuhan tersebut harus dipenuhi agar anak bisa mencapai tumbuh kembang yang maksimal. Apa saja kebutuhan anak usia dini dan bagaimana faktor tersebut bisa membantu perkembangannya?

Agar anak bisa tumbuh (bertambah tinggi badan, berat dan aspek fisik lainnya) serta berkembang (bertambah kemampuan psikisnya), ada 3 kebutuhan yang harus Anda perhatikan sebagai orang tua. Apa saja?

  1. Asuh

Asuh merupakan segala kebutuhan yang mendukung perkembangan anak secara fisik dan biologis. Adapun aspek-aspek yang harus diberikan kepada anak meliputi sandang, pangan dan papan yang merupakan kebutuhan pokok. Dukungan lain seperti imunisasi, nutrisi, kebersihan, pemeriksaan kesehatan, olahraga hingga bermain juga termasuk dalam kebutuhan anak usia dini yang tidak boleh diabaikan.

  • Asih

Pada anak usia dini terutama di tahun-tahun awal kehidupan, mereka memerlukan ikatan yang erat dengan Anda sebagai orang tua. Terpenuhinya kasih sayang yang selaras dengan orang-orang di sekitarnya akan menjadi fondasi mental yang kuat baginya untuk menghadapi tingkatan hidup selanjutnya. Perkembangan kemampuan sosialisasinya juga harus terus diasah agar anak lebih siap menyambut kehidupan baru di dunia sekolah kelak.

  • Asah

Sejak usia dini, anak harus dirangsang atau diasah perkembangan kognitif (kemampuan mengenal, membandingkan, memecahkan masalah dll), sensorik (kemampuan seluruh panca indranya), motorik (kemampuan gerak yang terdiri dari motorik halus, kasar dan kompleks), emosi dan sosialnya. Dengan begitu dia akan memiliki kemampuan bicara yang baik, sifat yang mandiri, kreatif serta memiliki jiwa kepemimpinan.

Ibarat masa keemasan, usia dini adalah usia yang paling tepat untuk mempelajari banyak hal. Bagaimana cara didik dan pemenuhan kebutuhan anak juga akan sangat memengaruhi bagaimana kelak ia tumbuh dewasa.

Untuk membantu mengasah keterampilan si kecil sebagai salah satu kebutuhan anak usia dini, Anda bisa mengajaknya untuk bermain sambil belajar. Di Primaindisoft ada beragam video pembelajaran hingga games interaktif yang bisa Anda manfaatkan. Untuk mengakses seluruh kontennya, daftarkan diri Anda melalui link ini.

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?