5 Langkah Cepat Memahami Pelajaran Matematika

Sudah tahu bagaimana caranya agar cepat memahami pelajaran Matematika?

Pada umumnya banyak sekali yang berpendapat bahwa Matematika itu sangat sulit, tapi kenyataannya tidak lho, teman-teman! Ternyata, menurut penelitian yang dilakukan kepada siswa dan siswi SMP di Jakarta, sebagian besar berpendapat bahwa Bahasa Indonesia menjadi salah satu mata pelajaran yang paling sulit. Tidak diduga ya!

Mau tahu kenapa Bahasa Indonesia tergolong pelajaran yang tersulit? Soal Bahasa Indonesia biasanya berbentuk cerita yang panjang. Untuk menjawab soal tersebut,  kamu perlu membaca soalnya baik-baik kemudian menganalisa soalnya. Jawaban atas soal tersebut harus dipikirkan dengan menggunakan logika. Belum lagi, ada beberapa kata sulit dalam bacaan yang kamu belum tentu tahu artinya.

Nah, kalau Matematika, sebenarnya kamu hanya perlu menghitung dengan menggunakan rumus yang tepat. Menghapalkan rumus juga tidak sulit jika kamu tahu cara-caranya. Kali ini, kita akan membahas cara cepat memahami pelajaran Matematika. Yuk, kita simak!

Langkah pertama, kamu harus memahami dulu soal yang ada di hadapanmu. Kalau kamu masih belum paham juga bagaimana maksud soal tersebut, coba deh kamu tanyakan kepada guru atau temanmu. Jangan pernah malu untuk bertanya ya, karena bertanya itu bukan berarti kamu bodoh.

Langkah kedua, jangan pernah takut salah. Kamu harus mencoba mengerjakan soal tersebut sendiri yah. Melihat atau mencontek jawaban teman karena itu hal yang tidak baik lho. Itu artinya kita tidak jujur pada diri sendiri. Jika salah, kamu masih bisa membetulkan jawabannya kok. Jangan malu jika temanmu mengejek karena jawaban kamu salah. Akan tetapi, jadikan itu penyemangat untuk kamu belajar lebih giat lagi.

Langkah ketiga, cobalah membuat catatan kecil. Kalau kamu masih merasa sangat sulit untuk memahami pelajaran Matematika, kamu bisa membuat ringkasan materi. Buatlah ringkasan semenarik mungkin agar kamu tidak cepat bosan. Caranya, kamu dapat menulis dengan berbagai macam warna atau kamu dapat mempercantik catatan kamu dengan hal yang kamu sukai.

Langkah keempat, belajarlah dengan cara yang menyenangkan. Jika kamu sudah bosan belajar dengan buku, kamu dapat mencoba soal-soal latihan yang ada di website www.primaindisoft.com. Primaindisoft.com menyediakan berbagai macam soal dan materi yang mudah dipahami. Kamu juga dapat dengan cepat memahami materi karena materi dijelaskan dengan menggunakan video menarik dan dengan rumus yang sangat gampang. Bagi kamu yang duduk di bangku SMP, kamu juga bisa memahami konsep Matematika dengan cerita komik yang menarik di E-comic dari Primaindisoft.com.

Langkah kelima adalah belajar bersama. Memanfaatkan waktu luang untuk belajar bersama dengan teman sangat penting untuk berbagi kesulitan dalam mengerjakan soal Matematika. Kamu dapat bertukar pikiran dengan temanmu, sehingga memudahkan untuk mencari jawaban dari setiap soal Matematika.

Jadi teman-teman, dengan cara di atas kamu dapat dengan mudah memahami pelajaran Matematika. Tetap semangat belajar ya, teman-teman, agar kamu menjadi nomor satu di kelas!

Satu lagi nih, kalian juga bisa download secara gratis berbagai Kumpulan Rumus Matematika di Primaindisoft lho!

Selamat Belajar.

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?