CEMILAN SEHAT

Terkadang cemilan menjadi menakutkan karena dianggap tidak baik untuk kesehatan. Namun, apakah benar semua cemilan itu tidak sehat? Yuk, simak  artikel di bawah ini.

­­

  • Cemilan Mencegah Makan Berlebihan

Untuk menghindari kelaparan, kita bisa mengkonsumsi cemilan sehat. Memakan cemilan sehat lebih baik daripada memakan sekotak donat saat bekerja atau makan berlebihan saat makan siang. Seorang ahli gizi di Canyon Ranch SpaClub Las Vegas, Megan Mullin, merekomendasikan bahwa mengkonsumsi seporsi kecil cemilan setiap tiga sampai lima jam akan membuat kita dapat menahan keinginan untuk makan berlebihan. Cemilan sehat yang bermanfaat untuk dikonsumsi adalah buah-buahan yang kaya vitamin seperti apel.

  • Cemilan Mempertahankan Energi Tubuh

Setelah kita makan, kadar gula darah dalam tubuh kita akan meningkat dan kemudian menurun. Kita mulai merasa lelah ketika kadar kita terlalu rendah. Cemilan yang bergula dapat menyebabkan kadar gula dalam darah menjadi tinggi. Oleh karena itu, makanlah cemilan yang tinggi akan serat dan protein, seperti wortel dengan saus kacang. Cemilan seperti ini akan dicerna secara lambat sehingga dapat mempertahankan tingkat energi dalam tubuh dan kita tidak cepat lelah.

­­­

  • Cemilan Baik Untuk Anak-anak

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa cemilan sehat bermanfaat bagi anak-anak untuk memperbaiki gizi, mendorong kebiasaaan makan sehat, dan mencegah penyakit. Cemilan yang sehat sangat penting bagi anak terutama dalam masa pertumbuhan. Memakan cemilan sehat di sekolah dapat membuat anak lebih fokus untuk belajar.

Anak-anak harus dapat cemilan sehat setiap tiga sampai empat jam sehari. Cemilan sehat secara teratur dapat membantu anak untuk belajar kebiasaan makan yang sehat, yaitu makan dalam jumlah yang tepat dan hanya ketika mereka lapar. Cemilan sehat yang bervariasi juga akan mencegah perilaku bosan makan atau perilaku memilih-milih makanan.

Berikut ini adalah makanan-makanan yang baik untuk dikonsumsi sebagai cemilan sehat:

  1. Produk Susu

Susu merupakan minuman sehat yang kaya akan sumber nutrisi seperti protein, kalsium, vitamin B dan D yang berperan dalam pertumbuhan jaringan otak. Produk olahan susu seperti keju dan yogurt juga baik untuk dikonsumsi.

  1. Buah Beri

Buah-buahan jenis beri seperti strawberry, raspberry, blueberry, dan sebagainya mengandung banyak nutrisi yang penting untuk perkembangan otak. Bahkan beberapa penelitian menunjukkan bahwa strawberry dan blueberry dapat memperbaiki daya ingat otak. Tidak hanya daging buahnya saja yang bermanfaat, biji buah beri ternyata mengandung asam lemak OMEGA 3 yang selama ini sudah dikenal sebagai salah satu nutrisi yang berperan dalam perkembangan kecerdasan anak. Selain itu, anti oksidan dan vitamin C yang terkandung di dalamnya berperan dalam meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah penyakit yang berbahaya seperti kanker.

  1. Telur

Telur adalah sumber protein yang paling mudah didapatkan dan mudah diolah. Telur dapat divariasikan ke dalam berbagai jenis makanan yang menarik. Kuning telur mengandung kolin yang dapat membantu perkembangan otak, terutama perkembangan fungsi memori tau daya ingat. Namun, mengkonsumsi telur juga tidak boleh berlebihan. Cukup mengkonsumsi satu butir telur setiap harinya karena kuning telur juga tinggi kolesterol.

  1. Kacang dan Kacang Merah

Kacang-kacangan merupakan sumber vitamin E dan anti oksidan yang dapat berperan sebagai pelindung sel-sel otak terhadap radikal bebas. Selain baik untuk kemampuan berpikir, kacang-kacangan juga kaya akan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Kacang merah memiliki kandungan fosfor dan magnesium yang tinggi.

  1. Apel

Apel sangat lezat karena rasanya yang manis dan asam. Tak hanya enak, apel juga mengandung banyak nutrisi baik seperti vitamin C, quecertin, dan plavanoid yang bisa mencegah penyakit kanker. Tak heran jika banyak yang mengatakan bahwa satu buah apel sehari dapat mencegah datangnya penyakit.

  1. Umbi-umbian

Ubi merupakan tanaman yang bisa digolongkan dalam umbi-umbian yang ada dibawah tanah. Ubi sangat kaya akan vitamin A, B, C, dan E. Ubi juga merupakan makanan sehat yang rendah kalori jika diolah dengan cara dipanggang atau direbus.

  1. Tomat

Buah tomat mempunyai rasa keasaman yang khas, dan sangat nikmat jika dijadikan sebagai cemilan. Tomat juga bernutrisi tinggi karena mengandung  vitamin A, C, K, serta mineral seperti folat, kalium, dan sodium.

  1. Alpukat

Buah Alpukat sangat istimewa karena merupakan sumber lemak yang baik. Selain itu, alpukat mengandung mineral dan vitamin yang sangat tinggi, seperti vitamin B9, B6, B5, C, E, dan K.

  1. Tanaman Lidah Buaya

Lidah buaya sangat lezat jika disajikan sebagai minuman. Lidah buaya mengandung banyak vitamin seperti vitamin A, B1, B2, B6, B12, C, E dan mineral seperti niasin, asam folat, magnesium, kromium, mangan, tembaga, potasium, zat besi, kalsium, dan sodium.

  1. Bengkuang

Buah ini dapat disajikan sebagai rujak atau pada es buah. Walaupun bengkuang memiliki kalori yang sangat rendah, tetapi kandungan nutrisi yang dimilikinya memiliki kualitas yang sangat tinggi, terdiri dari beberapa serat inti makanan, anti oksidan, vitamin, dan sejumlah mineral. Bengkuang sangat tepat untuk dijadikan sebagai cemilan sehat.

  1. Kuaci

Cemilan ini yang dikenal sebagai makanan “hamtaro” ini ternyata memiliki segudang manfaat bagi tubuh. Kuaci biji bunga matahari memiliki kandungan selenium yang dapat mencegah kanker. Kuaci juga memiliki kandungan mineral yang baik untuk kesehatan tulang. Kandungan magnesiumnya juga dapat meredakan stress dan migran. Belum lagi kandungan vitamin E nya yang berfungsi menjaga kulit dari paparan buruk sinar ultraviolet matahari.

  1. Kismis

Kata kismis berasal dari bahasa India dan Persia, yaitu khismish. Kismis terbuat dari buah anggur yang dikeringkan. Meskipun bentuknya tidak menarik, kismis memiliki rasa yang manis dan legit. Kismis mengandung banyak kalori yang baik untuk menjaga asupan energi tubuh. Kismis juga mengandung zat anti oksidan yang berguna untuk mencegah penyebaran sel kanker. Kismis juga mampu melancarkan peredaran darah dalam tubuh.

  1. Tape

Tape dibuat dari ubi singkong yang difermentasi. Oleh sebab itu, tape mengandung sedikit alkohol. Cita rasa tape berbeda-beda di tiap daerah dan tergantung mikroorganisme yang digunakan untuk fermentasi.

  1. Tahu

Tahu dibuat dengan mengentalkan endapan biji kedelai. Tahu memiliki kandungan protein yang tinggi dan rendah kalori. Tahu bisa mencegah dan mengurangi resiko kanker payudara, mencegah osteoporosis, mencegah penyakit kardiovaskular, mengobati penyakit Diabetes Tipe-2, dan mencegah kerusakan hati.

  1. Tempe

Tempe mempunyai banyak kandungan gizi yang baik untuk kesehatan, di antaranya mengandung vitamin B, zat besi, kalsium, karbohidrat, protein nabati, fosfor, keratin, serat pangan, dan lainnya. Kandungan protein dalam tempe lebih tinggi dari pada protein jika dibandingkan pada protein hewani.

  1. Coklat

Coklat mempunyai manfaat yang baik untuk tubuh, Kandungan antioksidan dalam coklat tiga kali lebih banyak dari anti oksidan yang terdapat dari teh hijau. Fenol yang terkandung dalam coklat yaitu untuk mengurangi kolesterol dalam darah sehingga bisa mengurangi resiko serangan jantung, stroke, dan darah tinggi. Selain anti oksidan, coklat juga mengandung beberapa vitamin A, B1, C, D, E, zat besi, kalium,  dan kalsium. Semakin tinggi kandungan kakao atau biji coklat dalam sebatang coklat yang kita makan, akan semakin baik manfaatnya bagi tubuh.

Begitu banyak pilihan cemilan sehat yang bisa kita konsumsi. Dengan begitu banyaknya manfaat dalam cemilan sehat, kita tidak usah takut untuk memakan cemilan di pagi hari ataupun malam hari asalkan dalam porsi yang tidak berlebihan. Mari kita miliki kebiasaan hidup sehat dengan cemilan sehat!

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?