Yuk, Simak Tips Belajar dan Jadwal Lengkap UNBK SMP 2019!

Teman-teman, dalam beberapa bulan lagi kamu akan menghadapi UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer). Apa saja strategi belajar yang bisa dilakukan untuk mempersiapkan diri lebih awal? Yuk, simak beberapa tips di bawah ini.

1. Membuat Jadwal Belajar Khusus

Khusus untuk ujian yang satu ini, sebaiknya kita tidak menerapkan konsep last-minute, ya. Banyak yang berpikir kalau belajar di saat-saat terakhir menjelang ujian bisa membuat materi pelajaran akan lebih menempel di ingatan. Namun, jangan salah, justru otak manusia tidak siap menerima banyak asupan informasi secara mendadak. Apalagi ditambah rasa panik saat menghadapi ujian, bisa-bisa konsentrasi kamu menjadi berkurang.

Nah, inilah kenapa kamu perlu belajar jauh-jauh hari dan membuat jadwal belajar khusus untuk persiapan UNBK. Setiap hari, sebaiknya luangkan waktu di rumah untuk belajar materi ujian. Misalnya saja seperti membuat jadwal belajar setiap pukul delapan malam selama satu atau dua jam. Aturlah waktu sesuai dengan kesibukan kamu setiap harinya. Jika ini rutin dilakukan maka kamu akan lebih percaya diri dan tenang menghadapi ujian.

2. Membuat Mind Map Materi

Salah satu aktivitas yang bisa membantu kita dalam mempelajari materi UNBK adalah dengan membuatnya ke dalam mind map atau konsep pelajaran. Karena visual dan kreativitas ini bisa mendukung otak dalam mengingat materi. Mulailah dengan tema utama yang telah dipelajari, lalu kembangkan sampai kamu bisa memahami. Selain itu, buatlah catatan-catatan penting untuk dihafalkan serta tandai dengan spidol warna-warni agar lebih menarik dan bisa membuat kamu semangat belajar.

3. Menonaktifkan Media Sosial Saat Belajar

Saat belajar, luangkan pikiran seutuhnya hanya untuk mempelajari materi-materi yang ada. Nah, agar lebih maksimal lagi, kamu bisa menonaktifkan media sosial yang kamu miliki untuk sementara waktu. Sebab, pemberitahuan dari media sosial sering kali mengganggu konsentrasi. Kamu tidak mau waktu belajarmu terbuang percuma, kan?

4. Mengikuti Try Out dan Melakukan Latihan Soal

Menjelang ujian, biasanya sekolah sering mengadakan program belajar intensif, apakah itu pemantapan materi atau pengayaan, sampai pelaksaan try out. Sebab itu, jangan lupa untuk mengikuti semua program yang disediakan sekolah.

Selain program dari sekolah, kamu juga bisa latihan soal secara mandiri dan online lewat ALUN (Aplikasi Latihan Ujian Nasional) dari Primaindisoft. Di ALUN, kamu akan menemukan banyak latihan soal yang lengkap mulai dari tingkat SD, SMP, dan SMA.

Semakin sering mengerjakan soal, maka kamu akan semakin mantap dan percaya diri menghadapi UNBK 2019 nanti.

Nah, sebelum mencoba 4 tips di atas, yuk, kita lihat dulu jadwal lengkap UNBK 2019 untuk tingkat SMP!

 

 

Jadwal Pelaksanaan UNBK SMP/MTs

 

 

 

Jadwal Pelaksanaan UNBK SMP/MTs Khusus NTT dan Papua

 

 

Karena sudah tahu jadwalnya, yuk, susun strategi kamu dan mulailah belajar dari sekarang!

(Sumber jadwal : Pedoman Operasional Standar (POS) Penyelenggaraan UN 2019)

 

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?