Untung dan Rugi Dihapusnya Ujian Nasional

Untung Rugi Dihapusnya Ujian Nasional
Beberapa hari terakhir terjadi pro dan kontra terhadap kebijakan pemerintah yang memutuskan untuk menghapus Ujian Nasional. Ujian Nasional bagi beberapa siswa, orangtua, guru, dan sekolah adalah sesuatu yang menyeramkan. Akan tetapi, tak sedikit juga yang memandang bahwa penghapusan UN justru akan merugikan dunia pendidikan Indonesia.

Apa saja untung dan rugi dengan dihapusnya Ujian Nasional ini?

Keuntungan bagi Pemerintah
– Mengurangi beban anggaran Pemerintah untuk menyelenggarakan UN. Pada tahun 2015, untuk menyelenggarakan UN, pemerintah mengeluarkan dana sebesar 560 miliar rupiah. Jika pemerintah tidak lagi menyelenggarakan UN, maka dana ini dapat disalurkan untuk hal lainnya, misalnya untuk membenahi fasilitas sekolah yang sudah tidak memadai.

Kerugian bagi Pemerintah
– Pemerintah akan kesulitan untuk mengukur evaluasi belajar siswa dan tingkat kemajuan pendidikan nasional.
– Pemerintah akan semakin sulit untuk melakukan pemerataan terhadap kualitas pendidikan di tiap daerah, karena tingkat kesulitan soal-soal ujian dan kriteria kelulusan yang dibuat oleh pemerintah daerah akan berbeda-beda.

Keuntungan bagi Sekolah dan Guru
– Guru dan sekolah merasa lebih dihargai oleh pemerintah karena pemerintah mempercayakan penilaian kelulusan siswa di tangan mereka.
– Kesuksesan sekolah dan para guru tidak lagi dinilai hanya dari berhasil atau tidaknya mereka meluluskan siswanya dalam Ujian Nasional.

Kerugian bagi Sekolah dan Guru
– Minat dan ketekunan siswa untuk belajar kemungkinan akan turun karena merasa tidak ada syarat kelulusan yang seketat Ujian Nasional dari Pemerintah.

Keuntungan bagi Siswa
– Berkurangnya beban psikologis terhadap bayang-bayang kegagalan dalam ujian.
– Siswa dapat lebih fokus ke mata pelajaran ataupun bidang yang lebih diminati atau dikuasai.

Kerugian bagi Siswa
– Dengan dihapusnya UN, siswa kehilangan satu motivasi dan alasan untuk belajar lebih serius. Siswa juga rentan kehilangan motivasi untuk mempelajari kembali bab-bab yang sudah lama tidak dipelajari.

Keuntungan bagi Orangtua
– Banyak orangtua memiliki anak yang memiliki bakat dan prestasi sangat baik di suatu bidang namun memiliki kekurangan dalam mata pelajaran yang diujikan dalam UN. Dengan dihapusnya UN, orangtua dapat lebih mudah membimbing anaknya untuk lebih fokus di bidang yang menjadi kelebihan si anak.

Kerugian bagi Orangtua
– Tingkat kelulusan siswa di sebuah sekolah biasanya menjadi tolak ukur orangtua dalam memilih sekolah untuk anaknya. Dengan dihapusnya Ujian Nasional maka para orangtua akan kesulitan dalam menilai kualitas pendidikan sebuah sekolah.
Itulah beberapa keuntungan dan kerugian yang terjadi dengan dihapusnya Ujian Nasional. Semoga kerugian yang ada dapat diantisipasi dengan baik oleh semua pihak sehingga pendidikan Indonesia benar-benar mendapatkan manfaat dari dihapusnya Ujian Nasional. Ada atau tidak ada Ujian Nasional, jangan hilang semangatmu untuk belajar ya!

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?