Tips Membuat Soal yang Memancing Kreativitas Murid

Membuat soal bukanlah hal yang sulit. Namun, lain halnya kalau guru dihadapkan dengan cara membuat soal yang mampu memancing pikiran kreatif siswa.

Membentuk karakter seorang murid menjadi tugas berat yang harus diemban oleh para guru. Salah satu karakter yang dibutuhkan adalah kemampuan berpikir kreatif. Guru bisa menumbuhkan kreativitas murid dengan berbagai cara. Salah satunya adalah lewat latihan soal.

Hanya saja, membuat soal yang mampu memancing sisi kreatif murid tidak gampang. Namun, hal tersebut tidak mustahil untuk dilakukan. Seorang guru bisa memiliki kemampuan tersebut dengan menggunakan pengalaman serta banyak berlatih.

Lalu, tipe soal seperti apa yang mampu memancing kreativitas murid? Ada beberapa jenis soal yang bisa dipertimbangkan, yakni:

  1. Usahakan membuat soal yang memakai konteks nyata kehidupan sehari-hari. Hal ini bertujuan agar murid bisa memahami soal dengan lebih mudah.
  2. Gunakan ilustrasi gambar atau bagan yang berguna untuk memancing pikiran kritis murid. Selanjutnya, Anda pun bisa membuat pertanyaan dengan berdasarkan ilustrasi yang dipakai.
  3. Soal yang memancing kreativitas anak bukanlah soal dengan jawaban yang berasal dari hafalan murid. Sebagai gantinya, buatlah soal yang memancing anak untuk berpikir. Dari situ, guru pun bisa mengetahui tingkat pemahaman dari para murid.

Ada contoh soal yang bisa dijadikan landasan agar bisa memancing pikiran kreatif anak, seperti:

Buat sebuah hipotesis mengenai apa yang terjadi ketika…?”

“Susun sebuah rencana …!”

Selain menggunakan metode tersebut, guru juga bisa mendorong kreativitas murid dengan meminta untuk memberi alasan atas jawaban yang ditulis.

Dibandingkan dengan soal biasa, membuat soal yang mampu memancing kreativitas anak jauh lebih sulit. Apalagi, proses pengoreksian soal dengan tipe seperti ini butuh waktu yang lebih panjang.

Guru pun tidak bisa secara langsung menyalahkan atau membenarkan jawaban yang diberikan murid. Alih-alih menyalahkan jawaban murid, guru sebaiknya menyebutnya sebagai jawaban yang kurang tepat. Selain itu, berikan pula skor untuk jawaban kurang tepat tersebut.

Sebagai bahan pertimbangan dalam menyusun tipe soal yang mampu memancing sisi kreativitas siswa, guru bisa mempertimbangkan untuk melihat beragam jenis soal. Primaindisoft bisa jadi pilihan yang menarik. Apalagi, Anda dapat menemukan beragam Latihan Soal SD, Latihan Soal SMP, dan Latihan Soal SMA yang interaktif sehingga siswa tidak mudah bosan.

 

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?