Tak Perlu Bingung, Ini Tips Mengatasi Anak yang Susah Makan

Berikut tiga tips mengatasi anak yang susah makan. Mudah, kok!

Si kecil yang susah makan memang kerap membuat pusing sendiri ya, Bunda. Pasalnya bila sampai menjadi kebiasaan, kekurangan nutrisi akan membuat pertumbuhannya jadi terganggu.

Agar hal ini tidak terjadi, sebenarnya ada banyak cara yang dapat dilakukan. Kalau Bunda mengalami situasi ini, berikut tips mengatasi anak yang susah makan yang dapat patut dicoba.

Kreatif dalam Menyajikan

Biasanya, anak yang tidak menyukai jenis makanan tertentu akan langsung menolak bila melihat wujud asli maupun mengetahui makanan tersebut. Mau tidak mau, Bunda harus kreatif dalam mengolahnya.

Seperti contoh, bila si kecil tak menyukai bayam, Bunda bisa mencampurkannya ke dalam sajian lain seperti isian nugget, egg roll, dan lain-lain. Agar lebih menarik, Bunda bisa menyajikannya dalam bentuk unik seperti tokoh kartun favoritnya.

Dengan cara ini Bunda akan lebih mudah untuk memastikan si kecil selalu mendapat kebutuhan nutrisinya tiap hari. Adapun jenis nutrisi yang perlu dipenuhi adalah karbohidrat kompleks, protein, kalsium, dan berbagai vitamin serta mineral lainnya.

Sediakan Porsi yang Sesuai

Salah satu alasan anak susah makan adalah karena porsi yang terlalu banyak, sementara di sisi lain dia dituntut menghabiskan. Akibatnya, si kecil pun jadi enggan setiap jam makan datang kecuali dalam keadaan benar-benar lapar.

Solusinya tentu dengan menyajikan hidangan sesuai dengan porsinya. Bunda juga perlu untuk memperhatikan biasanya.

Bila si kecil tidak dapat menghabiskan makanannya, jangan terburu memarahi. Cobalah untuk mengajaknya berbicara terlebih dahulu, apakah nafsu makannya berkurang karena kondisi kesehatan, olahan yang kurang sesuai dengan selera, rasa kenyang yang masih tersisa, atau yang lainnya.

Memberi Pengertian dengan Media Interaktif

Di era digital ini, Bunda juga bisa menggunakan media interaktif untuk mengatasi si kecil yang susah makan. Bunda dapat memberi pengertian kepada anak tentang betapa pentingnya makanan bagi setiap makhluk hidup, baik tumbuhan, manusia, hingga hewan.

Di video belajar nutrisi misalnya, Bunda dapat menunjukkan kepada si kecil bahwa salah satu ciri makhluk hidup adalah makan. Nutrisi yang masuk ke dalam tubuh akan diolah menjadi energi sehingga mampu melakukan berbagai aktivitas sehari-hari.

Selain itu, nutrisi dalam makanan juga berfungsi untuk mengganti sel-sel tubuh yang rusak serta mengatur berbagai proses metabolisme dalam tubuh. Artinya, bila si kecil tidak mau makan, maka pertumbuhannya pun akan terhambat.

Nah, itulah beberapa tips mengatasi anak yang susah makan. Selamat mencoba!

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?