Si Kecil Belum Lancar Membaca, Perlukah Khawatir?

Ketika si kecil mulai memasuki TK di usia 4-6 tahun, Ayah Bunda mungkin membayangkan ia akan mulai belajar secara teratur, termasuk di dalamnya adalah membaca dan berhitung. Namun, bagaimana bila si kecil belum bisa membaca, atau bahkan tidak bisa mengenali huruf dengan baik? Perlukah kita khawatir?

Ada beberapa hal terkait tumbuh kembang anak yang perlu Ayah Bunda pahami sebelum menilai bahwa si kecil “terlambat membaca”. Simak dengan baik beberapa poin di bawah ini untuk menambah pengetahuan Ayah Bunda.

  • Wajar jika anak balita mulai membaca pada usia yang berbeda-beda

Perlu kita ingat kembali bahwa anak-anak mencapai tahap perkembangan pada usia yang berbeda-beda. Coba ingat ketika anak kita belajar berjalan. Ada anak yang sudah mulai berjalan di usia 9 bulan dan ada yang baru mulai berjalan di usia 15 bulan. Mereka akan berjalan ketika perkembangan fisik mereka sudah siap untuk berjalan. Sama halnya dengan membaca. Mereka akan mulai fasih membaca ketika otak mereka sudah cukup berkembang untuk mampu membaca.

  • Tidak ada jaminannya anak yang mulai membaca lebih awal akan lebih baik dibanding mereka yang membaca setelahnya

Penelitian membuktikan bahwa anak yang membawa di usia lebih muda belum tentu akan sukses secara akademis dibanding anak yang membaca di usia lebih tua. Anak-anak yang memulai membaca belakangan lambat laun biasanya akan fasih membaca di usia 9 dan 10 tahun. Di banyak negara, seperti Finlandia, siswa tidak belajar secara formal sebelum usia 6 atau 7 tahun. Namun, justru negara-negara inilah yang pencapaian akademisnya lebih unggul.

  • Bermain dan mengeksplorasi lingkungan adalah cara terbaik untuk belajar pada usia mereka

Penelitian menunjukkan, tidak ada bukti tentang keuntungan akademis yang didapatkan dari kegiatan membaca di TK. Justru kegiatan bermain dan eksplorasi lah yang disebut-sebut dapat membantu prestasi akademis anak di kemudian hari. Anak-anak adalah mesin yang terus belajar dan menyerap pengetahuan yang ada di sekitar mereka. Mereka mencapai semua keterampilan yang rumit dan penting di zona kognitif di ruang kelas yang menyenangkan penuh dengan percakapan informal dan eksplorasi yang menyenangkan.

Dengan demikian, Ayah Bunda tidak perlu khawatir jika si kecil yang duduk di bangku TK belum lancar membaca. Tetap dukung si kecil untuk belajar dengan materi-materi belajar yang interaktif, menyenangkan, dan sesuai dengan usia si kecil seperti Materi TK A dan Materi TK B dari Primaindisoft!

 

 

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?