Perlunya Mengamati Tumbuh Kembang Anak Sejak Dini

Memantau tumbuh kembang anak pada awal kehidupannya merupakan hal yang sangat penting. Pasalnya, anak-anak bertumbuh dan berkembang sangat pesat. Lihat saja anak usia 2 tahun. Tinggi badannya sudah mencapai setengah tinggi badan orang dewasa. Perkembangan otaknya juga sudah 80% dari orang dewasa.

Apa Saja yang Harus Diperhatikan?

Pertumbuhan adalah bertambahnya ukuran fisik, sedangkan perkembangan adalah bertambahnya kemampuan struktur dan fungsi tubuh. Menurut penelitian, gangguan yang terjadi pada tumbuh kembang anak di Indonesia cukup tinggi.

Ada setidaknya tiga hal yang berkaitan dengan tumbuh kembang anak. Pertama, penyimpangan pertumbuhan, misalnya status gizi kurang sehingga anak mengalami stunting. Kedua, penyimpangan perkembangan, misalnya terlambat bicara. Ketiga, penyimpangan mental emosional anak, misalnya gangguan konsentrasi dan hiperaktif.

Bagaimana Cara Mengamatinya?

Pemantauan terhadap tumbuh kembang anak sejak dini dilakukan supaya dapat segera ditindaklanjuti jika terjadi gangguan. Pemantauan pertumbuhan dapat dilakukan dengan menimbang berat badan, mengukur tinggi badan, dan mengukur lingkar kepala. Selanjutnya, data ini dimasukkan dalam kurva pertumbuhan.

Pemantauan perkembangan dapat dilakukan dengan melakukan pengamatan langsung terhadap kemampuan anak. Orang tua atau petugas kesehatan dapat menggunakan kuesioner yang sesuai dengan tonggak perkembangan anak.

Anak-anak yang perlu dipantau perkembangannya adalah semua anak yang berumur 0-6 tahun. Anak yang memiliki “risiko tinggi” perlu mendapatkan perhatian lebih, yaitu anak yang mempunyai riwayat lahir kurang bulan, berat lahir rendah, penurunan kadar gula darah, atau kejang.

Mencegah Gangguan

Pemantauan tumbuh kembang bayi dilakukan tiap bulan. Anak berusia 12 bulan hingga 24 bulan dipantau tiap 3 bulan. Anak berusia 24 bulan hingga 36 bulan dipantau tiap 6 bulan.

Supaya anak dapat bertumbuh dan berkembang tanpa gangguan, orang tua perlu memenuhi kebutuhan anak, yaitu kebutuhan fisik berupa pemberian ASI, makanan yang bergizi, imunisasi, tempat yang layak dan bersih. Kebutuhan emosi dan kasih sayang juga diperlukan oleh anak. Selain itu, ada pula kebutuhan stimulasi mental.

Nah, inilah beberapa hal yang perlu diketahui oleh orang tua tentang pemantauan pertumbuhan dan perkembangan anak. Semoga bermanfaat.

 

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?