4 Tips Menemani Anak Belajar di Rumah

Selain di sekolah, anak juga perlu belajar di rumah untuk memperdalam materi pelajaran yang didapatkannya di sekolah. Di rumah, orang tualah yang bertugas menjadi pembimbing anak ketika belajar.

Nah, supaya waktu belajar anak di rumah lebih efektif, orang tua perlu memahami strategi atau metode yang tepat dalam mendampingi anak. Berikut 4 di antara sekian banyak tips yang bisa dicoba

1. Sediakan waktu khusus

Orang tua memiliki segudang kesibukan, baik urusan harian di rumah tangga maupun pekerjaan kantor. Sering kali, karena terlalu sibuk dengan hal-hal tersebut, orang tua tidak memiliki waktu untuk menemani anak belajar.

Supaya agenda belajar bersama anak dapat terlaksana, orang tua perlu menyediakan waktu khusus di sela-sela kesibukannya. Anda bisa menyepakati jadwalnya terlebih dahulu demi kenyamanan anak.

2. Alat peraga dari lingkungan rumah

Jika anak sedang belajar untuk menghitung, sebaiknya gunakan ilustrasi yang ada di sekitar lingkungan rumah. Sebagai contoh, kursi dan meja, perlengkapan dapur, jendela dan pintu, dan sebagainya.

Menggunakan benda-benda yang akrab dengan keseharian anak akan memudahkannya dalam memahami konsep penghitungan. Bahkan, anak pun akan semakin gampang memanfaatkannya kelak dalam kehidupan sehari-hari.

3. Ikut belajar

Bagaimana orang tua dapat membantu anak belajar jika tidak memiliki kapasitas untuk itu? Oleh karena itu, orang tua juga harus belajar untuk menambah pengetahuan dan kemampuannya. Tujuan akhirnya, orang tua dapat membagikan hal tersebut kepada anak selama proses belajar.

Tantangan ini mungkin tidak mudah mengingat orangtua memiliki sejumlah tanggung jawab lain yang besar. Usia yang tidak muda pun merupakan faktor lain yang membuat orang tua mulai malas belajar.

4. Sabar

Ketika menemani anak belajar, bersikaplah sabar. Jika anak masih belum bisa menangkap inti pelajaran tersebut, tidak perlu marah atau menyalahkannya. Kedua reaksi ini hanya akan membuat anak langsung kehilangan rasa percaya diri. Akibatnya, anak menjadi malas belajar di rumah.

Perlu diketahui, ada proses yang harus dijalani anak selama masa belajar. Proses ini sering kali disepelekan sehingga anak lebih mudah disalahkan atau dicap malas jika tidak memahami materi pelajaran tertentu. Padahal, apabila dibimbing dengan tekun, anak pasti akan mengalami peningkatan signifikan dalam prestasi belajarnya.

Jadi, inilah beberapa tips belajar bersama anak yang bisa dilakukan oleh orang tua di rumah. Tidak terlalu sulit, bukan? Selamat mencoba.

 

 

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?