Perhatikan 5 Tips Berikut saat Mudik Lebaran Bersama Si Kecil

Perhatikan 5 tips mudik bersama si kecil berikut ini agar perjalanan Anda tetap aman dan nyaman di segala suasana

 

Melakukan tradisi mudik bersama si kecil bukanlah hal yang mudah karena cenderung membuat anak cepat rewel akibat rasa bosan selama perjalanan, lebih-lebih bila terjebak macet. Oleh karena itu, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum hari keberangkatan tiba. Seperti apa contohnya.

 

1. Cek Kesehatan Si Kecil

Cek kesehatan si kecil sebelum berangkat guna memastikan bahwa si kecil dalam kondisi yang fit. Pasalnya, perjalanan jauh mampu membuat mereka kelelahan apalagi bila terjebak macet, bisa berpotensi menimbulkan masalah kesehatan. Siapkan pula obat-obatan sebagai pertolongan pertama ketika mudik.

 

 2. Membawa Mainan Anak

Mengatasi rasa bosan si kecil ketika perjalanan bisa dilakukan dengan menyediakan sejumlah mainan favorit mereka. Bila anak mulai bosan berikanlah mainan tersebut satu-persatu, jangan sekaligus supaya anak tidak cepat bosan dengan mainannya. Hal lain yang bisa menghibur anak ketika bepergian adalah dengan menciptakan permainan sendiri. Misalnya tebak-tebakan, tes memori, atau puzzle.

 

 3. Menyiapkan Segala Kebutuhan Pokoknya

Hal lain yang perlu diperhatikan ketika mudik bersama si kecil adalah membawa makanan yang cukup. Agar praktis, Anda bisa menyiapkan beberapa camilan sehat seperti buah, biskuit, atau sereal. Bila anak masih bayi, Anda pun perlu menyiapkan bekal berupa persediaan air panas untuk membuat susu. Selain itu, jangan lupa untuk membawa popok serta pakaian yang nyaman.

 

 4. Berikan Ruang Gerak yang Cukup

Kebiasaan saat mudik ialah membawa banyak barang sehingga berisiko membatasi ruang gerak si kecil. Untuk mengatasinya, Anda perlu mengemas barang-barang tersebut dengan rapi di bagasi agar anak lebih nyaman. Sebaiknya Anda tidak membiarkan barang bawaan diletakkan di samping kursi anak-anak supaya tidak melukai.

 

 5. Sediakan Car Seat untuk Anak

Penggunaan car seat ketika mudik membatu Anda untuk menjaga anak-anak tetap aman selama perjalanan. Oleh sebab itu, Anda harus jeli memilih car seat mana yang sesuai dengan kebutuhan ketika membelinya. Pemilihan jenis car seat seperti infant car seat atau convertible car seat pun perlu dipertimbangkan. Bagi seorang ibu, car seat bisa mengurangi tingkat kelelahan akibat memangku anak terlalu lama.

 

Itulah 5 tips yang bisa Anda persiapkan sebelum mudik bersama si kecil. Apabila anak bosan dan terus menangis, ada baiknya Anda segera pinggirkan posisi mobil di tempat umum seperti mini market, rest area, atau pom bensin. Dengan begitu, Anda pun bisa sekaligus beristirahat sebelum melanjutkan perjalanan.

Komentar