Peran Guru dalam Pembelajaran Berbasis Digital

Kemajuan teknologi menuntut kita untuk belajar dan berubah. Bagaimana peran guru menerapkannya di dalam proses pembelajaran?

 

Era digital sudah mengubah banyak hal termasuk kebiasaan kita sehari-hari. Perubahan ini mau tak mau juga menyentuh banyak sektor termasuk pendidikan. Cara belajar mengajar sudah mulai berubah dari gaya tradisional menjadi lebih modern. Bagaimana peran guru menghadapi perubahan ini?

 

 

Sebagai tenaga pendidik, peran guru bukan hanya mengajarkan materi saja. Alih-alih hanya sekadar memperkenalkan apa itu teknologi dan bagaimana penggunaannya, guru juga harus mampu mengarahkan anak didik untuk menggunakan teknologi secara bijak. Beberapa cara berikut ini bisa Anda tiru dan terapkan dalam proses belajar mengajar di sekolah!

 

Menggunakan Teknologi untuk Mencari Materi Pembelajaran

Guru adalah agen perubahan di sekolah. Bukan hanya berpatokan pada buku bacaan yang disediakan, guru juga harus mampu memaksimalkan penyampaian materi dengan menggunakan teknologi. Mulai dari mencari literatur tambahan melalui internet, hingga mengunduh video pembelajaran interaktif yang salah satunya bisa Anda dapatkan melalui Primaindisoft.

 

Memanfaatkan Teknologi untuk Pembelajaran Jarak Jauh

Ketika Anda tidak bisa hadir untuk mengajar langsung di kelas, manfaatkanlah kesempatan ini untuk menunjukkan pada anak didik bagaimana teknologi bisa berguna untuk pembelajaran jarak jauh. Anda bisa menggunakan aplikasi Skype atau yang sejenis untuk menyampaikan materi kepada murid-murid di kelas.

 

Memberikan Tugas yang Berhubungan dengan Teknologi Digital

Ketika Anda sudah memperkenalkan teknologi digital kepada anak didik, saatnya Anda menguji sejauh mana pemahaman mereka. Minta anak-anak untuk mengerjakan tugas dengan memanfaatkan teknologi yang ada. Misalnya saja membuat bahan presentasi berupa video hingga merancang aplikasi atau game.

 

Tunjukkan Bagaimana Anda Memanfaatkan Media Sosial

Media sosial sering menjadi momok tersendiri bagi banyak orang tua dan guru karena efek candu yang diakibatkannya. Anda bisa menghapus stigma ini dengan mengajak anak-anak bergabung di kelompok belajar melalui Facebook atau Twitter. Ini bisa membuat kehidupan media sosial anak tidak melulu hanya tentang hal yang toxic saja.

 

Itulah beberapa peran guru yang bisa Anda coba terapkan dalam proses mengajar di kelas. Butuh materi pembelajaran digital yang interaktif? Silakan kunjungi Primaindisoft di halaman ini.

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?