Pentingnya Peran Orang Tua dalam Menyukseskan Pendidikan Anak-Anak

Pendidikan tidak hanya tentang mengajari anak untuk bisa melakukan sesuatu di sekolahnya, namun lebih kepada perkembangan karakter anak untuk kehidupan jangka panjang. Terutama bagi anak-anak usia dini, keluarga adalah pusat pendidikan. Oleh sebab itu, orang tua yang baik seharusnya tidak menggantungkan urusan pendidikan anak kepada guru di sekolah saja, tetapi juga turut andil dalam mengawasi tumbuh kembang anak. Berikut penjelasan mengenai peran orang tua dalam pendidikan anak-anak.

  • Fungsi dan Peran Orang Tua dalam Pendidikan

Bila guru bertugas meningkatkan pengetahuan akademik anak di sekolah, sebagai orang tua maka Anda memiliki tanggung jawab serupa, ditambah dengan kewajiban untuk membantu anak-anak memahami nilai-nilai sosial yang akan membentuk karakter mereka.  Menurut konsep Zone of Proximal Development,  anak akan lebih berkembang ketika proses belajarnya didampingi oleh orang dewasa, dalam hal ini ialah orang tua.

Secara psikologis, perhatian yang Anda berikan selama proses belajar akan membantu si kecil lebih percaya diri sehingga motivasi belajar untuk mendapatkan nilai sempurna di sekolah pun akan semakin meningkat. Sementara anak-anak yang kurang perhatian dari orang tuanya cenderung kesulitan dalam memahami suatu pelajaran.

 

  • Hal yang Dapat Dilakukan Orang Tua untuk Menyukseskan Pendidikan Anak

Lalu, apa yang harus dilakukan orang tua untuk meningkatkan pendidikan anak? Pertama-tama tentu saja Anda harus menyediakan waktu lebih untuk mereka. Ajaklah mereka berbincang untuk menceritakan pelajaran apa yang didapat di sekolah. Bukan hanya sekali, tapi coba dekati anak-anak secara rutin agar mereka bisa lebih terbuka kepada Anda.

Terkadang, anak tidak langsung mengerti tentang materi yang diajarkan di sekolah. Karena itu sebagai orang tua, jangan ragu untuk mendampingi anak belajar. Di sela-sela waktu belajar tersebut, Anda pun bisa memberikan motivasi agar si kecil lebih bersemangat dalam meraih cita-citanya.

Selanjutnya, lakukan sinergi dengan guru sebagai salah satu bentuk pengawalan Anda dalam pembelajaran anak di sekolah. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan teknologi untuk mengakses situs belajar online seperti Primaindisoft yang menyediakan materi pembelajaran TK hingga SMA secara interaktif.

 

Selain anugerah, anak-anak juga merupakan aset bangsa yang harus dijaga dan dikawal perkembangannya. Nah, semoga penjelasan di atas bisa membantu Anda lebih peduli dengan kebutuhan pendidikan anak-anak, ya.

 

 

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?