Menjaga Kesehatan Saat Musim Hujan

Tips Menjaga Kesehatan Saat Musim Hujan

 

Saat musim hujan tiba, suhu udara perlahan-lahan turun, yang biasanya panas menjadi adem dan nyaman. Selain itu hujan yang deras juga membuat tanaman tumbuh dengan sangat rindang, dan Anda dapat merasakan taman-taman memancarkan pesonanya. Selain hal-hal menyenangkan diatas, musim hujan juga mengundang banyak masalah kesehatan pada tubuh kita, sehingga biasanya kita lebih banyak menghabiskan waktu di rumah untuk beristirahat. Kondisi cuaca yang lembab saat musim hujan menjadikan tubuh sangat rentan terhadap serangan virus atau bakteri. Berikut ini Anda dapat menemukan beberapa tips menjaga kesehatan saat musim hujan tiba.

Menjaga kesehatan saat hujan

Penyakit yang Mengintai Saat Musim Hujan

Saat musim hujan datang, tubuh kita belum siap beradaptasi dengan cuaca, sehingga sistem imun pada tubuh juga belum siap menerima serangan virus atau bakteri. Terdapat beberapa penyakit yang paling sering muncul saat musim hujan dan Anda harus mewaspadainya.

  • Demam Berdarah dan Malaria

Pada saat musim hujan, air memasuki berbagai celah sehingga menjadi genangan. Genangan air ini merupakan habitat paling pas bagi nyamuk Aedes Aegypti untuk beranak pinak. Tidak heran mengapa saat musim hujan penyakit yang paling sering muncul adalah demam berdarah atau malaria.

 

 

  • Tipus

Penyakit lainnya yang mengintai saat musim hujan adalah tipus. Penyakit tipus disebabkan karena seseorang mengkonsumsi air atau makanan yang terkontaminasi virus. Saat musim hujan, virus sangat mudah menempel pada air atau makanan, sehingga seseorang dapat terkena tipus saat musim hujan.

 

Selain penyakit-penyakit diatas, inilah beberapa penyakit yang mengintai saat musim hujan:

  • Sakit kuning
  • Diare
  • Influenza
  • Cikungunya
  • Demam
  • Dan lain-lain

Tips Kesehatan

Hal-hal Yang Harus Dipersiapkan Dalam Mengantisipasi Musim Hujan

Musim hujan biasanya berlangsung lama, antara bulan Oktober hingga bulan Maret. Sebelum datang musim hujan, sebaiknya Anda mempersiapkan hal-hal berikut ini.

  • Pola Makan

Untuk mengantisipasi datangnya musim hujan, sebaiknya Anda selalu menerapkan pola makan sehat. Dengan tubuh yang sehat, virus atau bakteri tidak mudah berkembang didalam tubuh. Konsumsi makanan-makanan sehat, minum minimal 8 gelas perhari, dan jauhi junk food.

 

  • Atur Lingkungan Sehigienis Mungkin

Agar terhindar dari penyakit-penyakit berbahaya saat musim hujan, sebaiknya Anda mempersiapkan lingkungan sehigienis mungkin baik itu rumah, kantor ataupun area lingkungan lainnya.

 

Tips Menjaga Kesehatan Selama Musim Hujan

Seperti yang telah dikemukakan diatas, seseorang sangat rentan terkena serangan virus atau bakteri saat musim hujan. Jika musim hujan telah tiba, cobalah beberapa tips menjaga kesehatan berikut ini:

  • Konsumsi Vitamin

Agar metabolisme tubuh selalu kuat dan mampu menahan serangan virus pada saat musim hujan, perbanyak konsumsi vitamin yang berguna bagi tubuh. Asupan vitamin bisa didapatkan dari buah-buahan, sayuran, ataupun suplemen. Vitamin C merupakan vitamin yang paling pas dikonsumsi saat musim hujan.

 

  • Bersihkan Lingkungan

Lingkungan yang tidak higienis dapat memudahkan virus atau bakteri berkembang biak saat musim hujan. Oleh karena itu pastikan agar selalu menjaga lingkungan saat musim hujan tiba.

 

  • Asupan Makanan dan Minuman

Pada saat musim hujan, tubuh membutuhkan asupan makanan yang bernutrisi lebih banyak lagi.  Selain itu agar tubuh selalu terhidrasi, konsumsi air mineral minimal 8 gelas sehari.

 

  • Jauhi Stres

Faktor lainnya yang membuat metabolisme tubuh menurun saat musim hujan adalah stres. Sebisa mungkin lakukan hal-hal menyenangkan saat musim hujan seperti bercanda dengan teman, bermain-main dengan anak kecil, melakukan hobi yang menyenangkan dan lain-lain.

 

 

 

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?