Meningkatkan Hasil UN Siswa? 3 Strategi Mengajar Ini Mungkin Diperlukan

Belajar menjadi salah satu cara terbaik agar dapat lulus ujian nasional dengan nilai sempurna. Selain berkat kerja keras dari siswa itu sendiri, guru juga punya peran besar dalam meningkatkan hasil ujian nasional siswa. Di sekolah, guru menjadi pengganti orang tua yang senantiasa mengemban tugas untuk memelihara sekaligus meningkatkan motivasi belajar siswa-siswanya. Bagi Anda yang berprofesi sebagai guru, berikut 3 strategi mengajar yang mungkin diperlukan untuk menumbuhkan minat belajar siswa.

 

  1. Libatkan Siswa selama Proses Mengajar

Menarik perhatian siswa selama proses mengajar sering kali menjadi hal yang rumit untuk dilakukan bukan? Untuk mengatasinya, jangan pernah menjadikan murid sebagai peserta pasif di kelas karena hal tersebut justru bisa menurunkan semangat belajar siswa.

Selain itu, hindari berdiri di satu tempat ketika menjelaskan sebuah materi. Sesekali lakukan interaksi dengan para murid dari jarak dekat untuk memantau kondisi mereka. Bila mereka kesulitan memahami materi yang telah Anda jelaskan, maka tak ada salahnya untuk menjelaskan ulang. Bentuk interaksi lain yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan semangat belajar siswa adalah dengan memberikan tugas berupa simulasi menyelesaikan suatu masalah.

 

  1. Menggunakan Teknik Mengajar yang Asyik

Pelajaran berbasis hitungan seperti matematika, fisika, dan kimia umumnya menjadi momok para siswa karena lebih sulit untuk dipahami. Hal ini tentu menjadi tantangan tersendiri bagi guru mata pelajaran tersebut. Dibutuhkan kreativitas tinggi supaya siswa bisa mencerna setiap materi yang diberikan. Oleh karena itu, lupakan sistem mengajar yang monoton. Kini, Anda harus mencari teknik mengajar yang asyik.

Sebagai contoh, Anda bisa menggunakan metode belajar berbasis multimedia seperti video tutorial atau animasi pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman siswa. Mengubah tabel periodik menjadi lirik lagu untuk mempermudah proses menghafal pun sangat mungkin dilakukan. Hal tersebut pernah dilakukan oleh salah satu guru di luar negeri yang mengubah tabel periodik menjadi lirik lagu Bad Romance milik Lady Gaga.

 

  1. Maksimalkan Teknologi

Saat ini, teknologi merupakan bagian penting dalam kehidupan manusia, termasuk guru. Anda bisa mengakses internet untuk mengunduh referensi tambahan yang bisa digunakan sebagai bahan mengajar.  Di internet sendiri sudah banyak materi akademik yang dikemas secara menarik agar lebih mudah dipahami, seperti yang dilakukan oleh situs belajar online, Primaindisoft. Tak tanggung-tanggung, Primaindisoft bahkan menyediakan program “Membership Guru” untuk Anda  yang ingin mengembangkan kompetensi dan profesionalitas di bidang penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Untuk informasi lebih lengkap, Anda bisa melihatnya di sini.

 

Itulah 3 strategi mengajar yang dapat membantu Anda membangkitkan semangat belajar sekaligus meningkatkan hasil ujian nasional para siswa.

Dan untuk memaksimalkan nilai ujian nasional bagi para siswa, Primaindisoft juga menyediakan berbagai kumpulan latihan ujian nasional dari tahun-tahun sebelumnya di mulai dari SD, SMP hingga SMA.

Selamat mencoba.

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?