Mengenal Rusia, Negara dengan Wilayah Terbesar di Benua Eropa

Mengenal Rusia, negara dengan wilayah terbesar di benua Eropa

Rusia, seperti kebanyakan negara Eropa lainnya, juga melewati periode ekspansi wilayah. Hingga abad ke-15 dan ke-16, sejumlah kerajaan berperang satu sama lain sampai akhirnya Moskow berhasil memegang kendali, menekan seluruh pesaingnya, dan menyatukan seluruh wilayah yang dihuni orang-orang Rusia.

 

Dengan wilayah seluas 17 juta kilometer persegi, Rusia merupakan negara terbesar di dunia. Rusia 25 kali lebih besar dari Prancis dan 47 kali lebih besar dari Jerman dan delapan kali lebih besar dari Indonesia. Meskipun Rusia memiliki wilayah yang sangat besar, nyatanya populasi negara ini hanya sebesar 146 juta jiwa, jumlah ini lebih kecil dari Indonesia yang memiliki populasi lebih dari 200 juta jiwa.

 

Rusia memiliki beberapa pulau seperti Novaya Zemlya, daratan Franz-Josef, kepulauan Siberia Baru, pulau Wrangel di Samudra Arktik, Kepulauan Kuril dan Sakhalin (yang masih dipersengketakan dengan Jepang). Selain itu terdapat Laut Kaspia serta Laut Hitam yang berbatasan dengan Turki. Melalui Selat Bosphorus dan Selat Dardanela, kapal-kapal Rusia dari Laut Hitam dapat berlayar menuju Laut Tengah dan Terusan Suez.

 

Ekonomi Rusia menempati peringkat ke-12 terbesar menurut PDB nominal dan keenam terbesar menurut keseimbangan kemampuan berbelanja tahun 2015. Sumber daya energi dan mineral Rusia merupakan yang terbesar di dunia. Hal ini menjadikan Rusia sebagai produsen minyak dan produsen gas alam utama dunia. Selain itu, Rusia juga merupakan negara yang membuat tabel periodik kimia yang pertama di dunia.

 

Pada Piala Dunia FIFA 2018 Rusia di daulat menjadi tuan rumah. Ini merupakan Piala Dunia FIFA yang ke-21, turnamen sepak bola internasional empat tahunan yang diikuti oleh tim nasional pria asosiasi anggota FIFA ini diselenggarakan pada 14 Juni hingga 15 Juli 2018 mendatang.

 

Dari 32 negara yang lolos ke Piala Dunia FIFA 2018, 20 diantaranya berkompetisi pada edisi sebelumnya, 2014. Islandia dan Panama lolos untuk pertama kalinya, sementara bagi Islandia, mereka menjadi negara dengan jumlah penduduk terkecil yang lolos ke Piala Dunia.

 

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?