Ingin Menjadi Vlogger? Jangan Lewatkan Tutorial Video Editing Berikut Ini

Sekarang, siapa pun bisa menjadi seorang vlogger! Bermodalkan ponsel pintar dengan kekuatan kamera yang mumpuni, kamu bisa merekam video-video dengan beragam tema untuk diunggah ke portal video dan dibagikan ke publik. Sebagai opsi yang lebih baik, kamu juga bisa merekam video menggunakan camcorder, kamera DSLR, atau action camera.

Pada proses pembuatan vlog, kamu tentunya harus mempersiapkan materi yang baik. Konsep video pun harus bisa kamu rencanakan untuk menjaga kelancaran proses rekaman. Selain itu, penyuntingan video merupakan aspek penting lainnya yang tidak boleh sampai terlewat. Tentunya kamu tidak ingin videomu tampak berantakan, bukan?

Bagi yang ingin menjadi vlogger atau sekadar membuat video, tutorial-tutorial video editing berikut wajib untuk kamu simak. Konten-konten dari Primaindisoft ini akan membantumu mengenal Adobe Premiere Pro, program penyunting video yang cukup populer dan langkah-langkah kerja yang perlu diikuti.

Mengenal Workspace

Sebelum melakukan penyuntingan atau proses editing, tentunya kamu harus mengenal terlebih dahulu tampilan antarmuka program. Seperti kata pepatah, “Tak kenal maka tak sayang”, kamu pun harus bisa memahami workspace Adobe Premiere Pro terlebih dahulu sebelum bisa melakukan modifikasi lanjutan.

Dalam tutorial ini, kamu bisa mempelajari fungsi-fungsi panel yang ditampilkan di jendela utama program, seperti panel Source, Timeline, Monitor, dan Project. Kamu juga bisa mengetahui cara mengimpor konten-konten sumber ke program untuk digunakan dalam proses pembuatan video.

Mengatur Preferensi

Meskipun terkesan merepotkan dan sering terabaikan, preferensi merupakan aspek penting untuk menjamin kualitas dan tampilan videomu. Pada jendela Preferences, kamu bisa mengatur durasi transisi antara setiap klip dan tampilan gambar tak bergerak (still images). Kamu juga bisa menetapkan penskalaan otomatis pada konten yang diimpor agar sesuai dengan ukuran frame utama.

Mengelola dan Memotong Klip

Setelah mengenal tampilan antarmuka program dan fungsinya, kamu bisa menambahkan klip ke proyek videomu. Tutorial Importing and Transferring akan menunjukkan cara memasukkan klip-klip sumber ke program untuk nantinya ditambahkan ke timeline.

Setelah ditata sesuai keinginan di timeline, kamu bisa melakukan pemotongan klip agar durasinya tidak terlalu panjang. Tutorial Trimming Clips akan memandumu pada proses pemangkasan video dan menyesuaikan durasinya dengan rapi sehingga video tetap nyaman ditonton. Lihat Tutorialnya di sini

Menggunakan Pintasan atau shortcut

Kamu mungkin terbiasa menggunakan tetikus atau mouse untuk mengakses atau menggunakan tombol-tombol dan fungsi lainnya pada sebuah program. Akan tetapi, tahukah kamu bahwa penggunaan pintasan papan tik atau keyboard shortcut dapat mempercepat alur kerjamu?

Dalam tutorial Keyboard Shortcuts, kamu akan mempelajari beragam pintasan papan tik yang membantumu mengakses atau menggunakan fungsi-fungsi dalam Adobe Premiere Pro dengan cepat dan mudah. Dengan shortcut ini, kamu tidak perlu repot-repot beralih membuka setiap menu untuk mengakses fungsi yang diinginkan.

Itulah tutorial-tutorial video editing dari Primaindisoft, situs web penyedia konten-konten edukatif yang dapat membantumu membuat video yang keren. Dengan sedikit penyuntingan dan aksi yang kocak, kamu bisa membuat vlog yang keren! Selamat berkarya!

Komentar