Mengenal 4 Sosok Penting di Balik Kemerdekaan dan Peran Mereka

Siapa saja yang berperan dalam mewujudkan proklamasi kemerdekaan RI? Apa peran mereka pada saat itu?

Dua tokoh utama dalam peristiwa Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia adalah Soekarno dan Mohammad Hatta. Keduanya kemudian ditetapkan menjadi Presiden dan Wakil Presiden RI yang pertama. Peran kedua tokoh ini sangat menonjol sehingga mereka disebut Proklamator dan dikenang dalam sejarah.

Akan tetapi, ternyata bukan hanya Soekarno dan Mohammad Hatta saja yang berjasa besar dalam mewujudkan terjadinya proklamasi kemerdekaan di Indonesia pada 17 Agustus 1945 lalu. Ada setidaknya 4 tokoh lain yang berperan, yaitu:

  1. Sayuti Melik

Sayuti Melik adalah orang yang bertugas mengetik naskah proklamasi. Pada saat itu, Soekarno hanya merumuskan teks pada selembar kertas biasa. Oleh Sayuti Melik, teks tersebut ditulis ulang untuk dibacakan oleh Soekarno pada momen Proklamasi Kemerdekaan, 17 Agustus 1945.

 

  1. Fatmawati

Salah seorang wanita yang berjasa dalam peristiwa bersejarah di Indonesia ini adalah Fatmawati. Ia adalah istri Soekarno. Fatmawati menjahit bendera Merah Putih yang dikibarkan pada peristiwa bersejarah memproklamasikan Kemerdekaan RI.

 

  1. Soekarni

Soekarni adalah tokoh yang tak kalah penting dalam pelaksanaan Proklamasi Kemerdekaan. Pejuang yang berasal dari Jawa Timur ini adalah wakil dari kelompok pemuda yang mendesak Soekarno dan Mohammad Hatta untuk segera memproklamasikan kemerdekaan.

 

  1. Achmad Soebardjo

Nama lain yang berperan penting dalam Proklamasi Kemerdekaan RI adalah Achmad Soebardjo. Ia adalah tokoh dari golongan tua yang ikut merumuskan teks proklamasi bersama Soekarno dan Mohammad Hatta. Ia pula yang berunding dengan para tokoh dari golongan muda serta meyakinkan mereka untuk tidak terburu-buru untuk memproklamasikan kemerdekaan.

Empat tokoh ini berjasa besar dalam mendukung terwujudnya proklamasi kemerdekaan. Mereka termasuk pahlawan yang pantas untuk dikenang. Nah, Anda pun bisa mengenal para pahlawan lain yang turut berjuang mewujudkan kemerdekaan Indonesia dengan mengunjungi Museum Pahlawan Kemerdekaan di Primaindisoft.

Di Primaindisoft, pengetahuan disajikan dengan animasi interaktif yang menarik. Dengan demikian, para pengunjung dapat mempelajari berbagai fakta sejarah, khususnya tentang kemerdekaan, secara lebih mudah dan seru. Selamat mencoba.

 

 

Komentar