Mata Pelajaran yang Akan Diujikan untuk USBN dan UN 2017

Halo, teman-teman! Sudah siap untuk melaksakan Ujian Sekolah dan Ujian Nasional?

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyatakan proses pembuatan soal Ujian Sekolah Berbasis Nasional (USBN) sedang berlangsung. Pembuatan soal tersebut dilakukan dengan cara Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), karena teori pada soal USBN sama dengan teori Ujian Sekolah. Tentunya ada arahan dari pemerintah pusat berupa panduan terhadap soal-soal yang akan dibuat oleh Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS).

Tahun-tahun sebelumnya, Ujian Nasional pada tingkat SMA terdapat enam mata pelajaran yang diujikan, yaitu Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan tiga mata pelajaran sesuai jurusan. Untuk jurusan IPA, mata pelajaran yang ditambah adalah Fisika, Kimia, dan Biologi. Sementara untuk jurusan IPS, mata pelajaran yang ditambah adalah Geografi, Sosiologi, dan Ekonomi. Untuk jurusan Bahasa, mata pelajaran yang ditambah adalah Sastra Indonesia, Antropologi, dan Bahasa Asing.

Namun, pada Ujian Nasional tahun 2017 ini telah ditetapkan bahwa untuk tingkat SMA hanya terdapat empat mata pelajaran yang diujikan, yaitu Matematika, Bahsa Indonesia, Bahasa Inggris, dan satu mata pelajaran pilihan sesuai jurusan. Siswa dibebaskan untuk memilih satu di antara tiga mata pelajaran dalam penjurusannya sesuai dengan minat dan kemampuan.

Namun, untuk USBN, ketiga mata pelajaran yang ada dalam setiap penjurusan (IPA/IPS/Bahasa) tetap menjadi mata pelajaran yang diujikan. Ada enam mata pelajaran yang akan diujikan dalam USBN tingkat SMA. Selain tiga mata pelajaran berdasarkan jurusan, mata pelajaran Pendidikan Agama, PPKN, dan Sejarah akan diujikan pada USBN.

Pada tingkat SMP, Ujian Nasional pada tahun 2017 tidak berbeda dengan tahun sebelumnya. Mata pelajaran pada Ujian Nasional tingkat SMP yaitu Matematika, Bahsa Indonesia, Bahasa Inggris, dan IPA. Kemudian Mata pelajaran yang diujikan pada USBN adalah Pendidikan Agama, PPKN, dan IPS. Sementara untuk Ujian Nasional tingkat SMK juga tetap ada empat mata pelajaran yang akan diujikan, yaitu Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Teori Kejurusan. Kemudian mata pelajaran yang akan diujikan pada USBN adalah Pendidikan Agama, PPKN, dan Keterampilan Komputer.

Demikian informasi yang disampaikan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan terkaitnya Ujian Sekolah dan Ujian Nasional. Kalian bisa mempersiapkan diri dengan memperbanyak Latihan Soal di Aplikasi Latihan Ujian (ALUN) dan mempelajari materi-materi pelajaran yang diujikan di www.primaindisoft.com

Selamat belajar!

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?