Kuasai Keyboard dengan Tips Mengetik 10 Jari Berikut Ini!

Ingin menguasai keyboard komputer Anda? Simak tips mengetik 10 jari yang mudah berikut ini!

Di zaman yang serba digital ini, komputer dan gawai menjadi kebutuhan yang semakin vital. Untuk menulis misalnya, orang tidak lagi menggunakan kertas dan pulpen. Tak heran jika tips mengetik 10 jari banyak dicari orang agar bisa menulis dengan cepat menggunakan keyboard.

Bagi Anda yang ingin menguasai keyboard dan menulis tanpa harus bolak-balik melihat tombol-tombol huruf, ada beberapa tips mengetik 10 jari yang bisa Anda coba. Simak beberapa di antaranya berikut ini.

1. Letakkan Kedua Telunjuk Anda di Atas Tombol F dan J

Jika diperhatikan dengan saksama, Anda akan melihat ada tonjolan khusus di tombol keyboard F dengan J. Ini dibuat bukan tanpa maksud melainkan sebagai kunci untuk memposisikan jari-jari selama mengetik. Letakkan telunjuk kiri dan kanan masing-masing di atas tombol F dan J. Dengan begitu, jari-jari lain akan secara alami menyebar ke bagian seluruh bagian keyboard.

2. Perhatikan Tugas Jari-jari Tangan Kanan Anda

Agar bisa mengetik dengan maksimal, masing-masing jari tangan mendapat tugas masing-masing termasuk jari-jari tangan kanan Anda. Selain menekan huruf J, telunjuk kanan juga bertugas menekan huruf H, U, Y, M, N, angka 7 dan 6. Gunakan jari tengah untuk menekan tombol K, I, tanda koma (,), tanda lebih kecil (<), angka 8 dan tanda bintang (*).

Jari manis kanan akan maksimal digunakan untuk huruf L, O, 9, tanda buka kurung ((), titik (.) atau tanda lebih besar (>) dan tombol alt. Sementara itu kelingking bertugas menekan semua tombol di sebelah kanan selain yang sudah disebutkan di atas. Maksimalkan jempol untuk menekan spasi.

3. Perhatikan Tugas Jari-jari Tangan Kiri Anda

Telunjuk kiri bertugas menekan tombol F, R, V, G, T, B, angka 4 dan 5 sementara jari tengah untuk mengetik huruf D, E, C dan angka 3. Gunakan jari manis untuk menekan huruf S, W, X, Z dan angka dua sementara kelingking bisa Anda gunakan untuk A, Q, Z, 1 alt dan tombol lain yang belum disebutkan di atas.

Setelah Anda memahami tugas masing-masing jari, saatnya memaksimalkan kemampuan mengetik dengan mempelajari lebih dalam tentang Office dan aplikasi mengetik lainnya. Primaindisoft menyediakan beragam tutorial yang akan membantu Anda menguasai tips mengetik 10 jari hingga lebih mahir.

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?