Inspirasi Kostum Anak yang Unik untuk Perayaan Hari Kartini

Bingung memilih kostum untuk acara karnaval Hari Kartini? Yuk pilih inspirasi baju yang cocok untuk anak di sini!

Perayaan Hari Kartini menjadi aktivitas tahunan yang berlangsung di Indonesia. Perayaannya juga dilakukan secara masif, terutama di sekolah-sekolah. Salah satu acara yang kerap dipilih untuk merayakan Hari Kartini setiap tanggal 21 April adalah dengan mengadakan karnaval budaya, terutama anak usia TK.

Ketika menghadapi acara karnaval budaya seperti ini, para orang tua kerap mengalami kebingungan dalam memilih kostum anak. Alhasil, tak heran kalau kostum yang dipakai setiap tahun tak jauh berbeda. Padahal, bunda bisa memilih begitu banyak kreasi untuk kostum perayaan Hari Kartini, di antaranya adalah:

  1. Tampil berbeda dengan busana daur ulang

Kalau si kecil memiliki rasa percaya diri yang tinggi, tak ada salahnya bunda mendorongnya untuk tampil beda. Alih-alih menggunakan pakaian adat atau seragam tentara dan polisi, bunda bisa mengajak anak untuk berkreasi dengan membuat busana dari bahan daur ulang.

Bunda bisa mengajak si kecil untuk terlibat langsung dalam proses pembuatannya. Dengan begitu, mereka bisa belajar menjadi lebih kreatif. Bahan yang digunakan untuk membuat busana juga bisa beragam. Bunda bisa memilih memakai kardus bekas, bungkus plastik, tali rafia, dan lain-lain.

  1. Busana adat untuk mengenalkan budaya Indonesia

Memilih kostum tradisional memang sudah menjadi hal yang biasa. Namun, hal ini penting sebagai upaya untuk mengenalkan begitu banyaknya budaya yang dimiliki oleh Bangsa Indonesia. Oleh karena itu, bunda tidak perlu berpatokan untuk mengenakan baju adat Jawa kepada si kecil. Ada banyak pilihan pakaian adat yang bisa dimanfaatkan, termasuk di antaranya adalah pakaian adat dari Kalimantan, Sumatera, Bali, Sulawesi, ataupun Papua.

  1. Pakaian pemuka agama untuk mendorong sikap yang toleran

Indonesia tak hanya punya budaya yang beragam. Bunda juga perlu mengenalkan bahwa begitu banyak pemeluk agama lain yang ada di Indonesia. Cara yang bisa digunakan untuk mengenalkannya adalah dengan mendorong si kecil mengenakan pakaian pemuka agama. Hal ini perlu untuk mendorong sikap toleransi antara umat beragama di Indonesia dan keberagaman budaya bangsa.

Itulah tips memilih kostum anak yang bisa bunda terapkan saat mengikuti perayaan Hari Kartini. Semoga bermanfaat.

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?