Ide Kostum Perayaan Hari Kartini Kekinian

Memilih kostum untuk perayaan Hari Kartini yang tepat untuk anak bisa cukup membingungkan. Biar Anda tak pusing, ini ide kostum Kartini kekinian yang bisa dicoba.

Perayaan Hari Kartini yang jatuh setiap tanggal 21 menjadi momen penting bagi setiap perempuan di Indonesia. Berkat perjuangan Kartini, para perempuan memperoleh hak pendidikan yang sama dengan laki-laki. Tak heran kalau perayaannya pun dilakukan secara besar-besaran dan melibatkan semua kalangan usia, termasuk anak usia SD.

Ada berbagai cara yang kerap dilakukan untuk merayakan Hari Kartini di sekolah. Pilihan aktivitas yang sering dilakukan adalah berdandan menggunakan pakaian adat Nusantara, hal ini juga mengajarkan anak-anak untuk lebih mengenal keragaman budaya bangsa sejak dini. Dari sekian banyak pilihan busana, kebaya menjadi opsi yang paling utama. Apalagi, kebaya merupakan pakaian yang sering digunakan oleh Kartini.

Nah, terkait pemilihan kebaya sebagai busana untuk perayaan Hari Kartini, bunda sebenarnya bisa menemukan banyak opsi kebaya. Dengan perkembangan zaman, kini muncul kebaya kekinian yang dapat digunakan untuk mempercantik penampilan si kecil saat Hari Kartini. Pilihan kebaya kekinian yang bisa digunakan di antaranya adalah:

  1. Kebaya encim

Kebaya encim merupakan jenis kebaya yang identik dengan Suku Betawi. Dulunya kebaya ini merupakan jenis busana yang digunakan oleh penduduk Tionghoa. Namun, akulturasi budaya yang terjadi antara masyarakat Tionghoa dan Betawi kemudian menjadikan kebaya ini banyak digunakan masyarakat Jakarta.

  1. Kebaya kutu baru

Kebaya kutu baru menjadi varian kebaya klasik yang telah ada sejak abad ke 18. Kebaya ini memiliki ciri khas berupa keberadaan secarik kain yang menjadi penghubung antara lipatan kebaya di bagian kiri dengan lipatan di bagian kanan yang terletak di dada. Biasanya, penggunaan kebaya kutubaru disertai dengan stagen pada perut.

  1. Kebaya Bali

Desain kebaya yang berbeda, unik, serta kekinian juga bisa ditemukan pada kebaya Bali. Kebaya yang satu ini memang berasal dari Bali, dengan ciri khas kain yang berasal dari jenis kain katun serta brokat. Selain itu, kebaya Bali juga kerap disertai dengan obi yang terletak di pinggang, dipasang secara melilit.

Itulah pilihan kebaya kekinian yang bisa menjadi ide untuk kostum saat perayaan Hari Kartini. Pilih yang tepat dengan penampilan si kecil, ya bunda!

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?