Ingin Mahir Video Editing? Kenali Tools dalam Adobe Premiere Pro Dulu

Bermain dengan video tentu merupakan hal yang mengasyikkan. Terlebih, ketika video tersebut dapat dinikmati banyak orang dan menghasilkan pundi-pundi rupiah. Agar dapat mengedit video sendiri tanpa harus menyewa seorang ahli, Anda harus mulai belajar secara mandiri.

Sebelum belajar, tentu Anda harus mengenali tools-nya terlebih dahulu agar lebih mudah mengaplikasikannya. Nah, berikut tools yang ada di Adobe Premiere Pro.

1. Selection Tool

Alat penyeleksi ini difungsikan untuk memilih data di dalam lembar kerja, baik berupa video, musik, maupun gambar. Bahkan, selection tool juga bisa digunakan untuk menggeser letak video agar penataannya lebih rapi dan sesuai yang diinginkan. Shortcut singkatnya di keyboard adalah huruf V.

2. Track Select Tool

Alat ini digunakan untuk menyeleksi 1 track secara penuh sehingga memudahkan proses pengubahan. Semisal ada 5 track dalam layar, maka bila salah satu ingin diubah secara keseluruhan, cukup tekan SHIFT+A di keyboard atau pilih track select tool yang bergambar panah ke kanan di dalam kotak patah-patah.

3. Ripple Edit Tool

Ripple edit tool berfungsi untuk menyesuaikan titik edit maupun memindahkan klip yang diinginkan pada timeline. Selain mencari simbol dua panah yang saling bertolak belakang, Anda dapat menekan huruf B untuk langsung menggunakan tool tersebut.

4. Rolling Edit Tool

Bila Anda memiliki 2 buah klip yang hendak diedit tanpa harus ada pengurangan maupun penambahan pada timeline, maka pilih rolling edit tool untuk melakukan penyesuaian di antara titik edit agar memudahkan pengubahan bentuk.

5. Rate Stretch Tool

Bersimbol panah melengkung diagonal di tengah garis, rate stretch tool berguna dalam menambah kecepatan atau memperlambat durasi dari video yang Anda miliki. Shortcut singkatnya hanya dengan menekan huruf X.

6. Razor Tool

Terkadang, ada bagian video maupun musik pengantar yang hendak dikurangi atau dipotong lantaran tidak terpakai. Anda dapat menggunakan razor tool yang bersimbol potongan rol film.

7. Pen Tool

Bila Anda ingin membuat salah satu video maupun gambar yang hendak diedit tidak terlihat atau transparan, maka manfaatkan pen tool yang bersimbol pena. Alat ini berfungsi untuk membuat klip menjadi transparan dengan menekan huruf P secara berulang. Pen tool juga dapat dipakai untuk menciptakan jangkar di dalam klip.

Nah, itulah 7 tools yang dapat membantu Anda dalam editing video menggunakan Adobe Premiere Pro. Agar lebih mahir, bergabunglah bersama primaindisoft—tutorial online yang menyenangkan dengan beragam materi menarik.

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?