Ikuti Cara Ini Supaya Hasil Ujian Kamu Bisa Maksimal

Belajar dengan Sistem Kebut Semalam atau SKS bisa membuat kamu kewalahan dan malah pusing sendiri karena begitu banyaknya materi yang harus kamu pelajari. Belum lagi, waktu tidur yang berkurang juga bisa mengurangi kemampuan otak untuk berkonsentrasi saat mengerjakan ujian.

Nah, supaya kamu terhindar dari belajar SKS dan hasil ujian kamu bisa maksimal, yuk simak beberapa tips berikut ini.

#1 Buat Catatan yang Pendek Tapi Menarik

Supaya kamu tidak kehabisan waktu untuk membaca materi, buatlah catatan yang pendek. Mulai dengan menulis daftar kata kunci dari bahan yang ingin kamu pelajari, kemudian jelaskan tiap kata kunci dengan kata-katamu sendiri. Kamu juga bisa membuat peta konsep atau mindmap dengan gambar semenarik mungkin kemudian hiaslah dengan menggunakan spidol atau kertas warna-warni.

#2 Belajar Mulai dari Bahan yang Paling Sulit

Biasanya, beberapa menit setelah kamu mulai belajar, tingkat konsentrasi otak mencapai puncaknya. Hal ini harus kamu manfaatkan untuk mempelajari bahan yang menurutmu paling sulit untuk dipahami. Ketika otakmu sudah mulai lelah, beralihlah ke bahan pelajaran yang lebih mudah sehingga kamu bisa lebih rileks dan belajar jadi lebih ringan.

#3 Hapalkan Rumus dengan Gambar Menarik

Supaya kamu lebih mudah menghapal dan memahami rumus, ada baiknya kamu membuat kumpulan rumus dengan gambar-gambar menarik. Hal ini akan membuat otak dan mata kamu lebih fresh sehingga kamupun bisa kembali semangat. Daripada susah-susah menggambar, kamu bisa download saja langsung Kumpulan Rumus Matematika dari Primaindisoft.com. Ada Tabel Perkalian untuk SD , Barisan dan Deret Bilangan untuk SMP, atau Integral untuk SMA.

#4 Kerjakan Kembali Latihan Soal

Practice makes perfect. Kalimat ini bener banget deh. Setelah kamu membaca semua materi, ujilah kemampuan otakmu dengan mengerjakan latihan soal. Semakin banyak soal yang kamu kerjakan, semakin dalam materi yang kamu pelajari terserap ke dalam otakmu. Untuk persiapan UAS kali ini, kamu bisa latihan dengan menggunakan Latihan Soal dari Primaindisoft.com.

#5 Lihat Video Pembahasan Soal

Bagi kamu yang masih bingung setelah banyak mengerjakan soal, kamu bisa menyimak pembahasan soal melalui video. Di Primaindisoft.com, ada video pembahasan soal-soal UAS Matematika untuk Kelas 7, Kelas 8, Kelas 10, dan Kelas 11. Setelah mendengarkan penjelasan langkah per langkah, soal yang tadinya sulit bisa terasa lebih mudah.

 

Nah, semoga tips di atas bisa membantumu lebih siap dan sukses menghadapi UAS!

Komentar