Detik-Detik Peristiwa Kemerdekaan, Peran Pemuda yang Tak Bisa Tergantikan

Pemuda memiliki peran besar dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia. Tanpa campur tangan pemuda, Proklamasi Kemerdekaan sulit terwujud.

 

Peristiwa kemerdekaan menjadi momen penting yang selalu diingat oleh bangsa Indonesia. Dalam peristiwa tersebut, rakyat Indonesia secara terbuka memproklamasikan kemerdekaannya dari penjajahan yang dilakukan oleh Jepang dan Belanda. Dalam peristiwa tersebut, nama Soekarno dan M. Hatta menjadi sosok penting sebagai tokoh yang membaca teks proklamasi. Namun, di balik peristiwa ini, peran yang tak kalah sentral dilakukan oleh para tokoh pemuda.

Lewat Peristiwa Rengasdengklok, para pemuda mendorong tokoh dari generasi tua untuk segera memproklamasikan kemerdekaan. Pemuda-pemuda Indonesia yang punya keberanian besar, berbondong-bondong untuk menculik Soekarno dan Hatta dan membawa keduanya ke Rengasdengklok. Berkat desakan serta aksi penculikan tersebut, golongan muda berhasil meyakinkan Soekarno dan Hatta untuk memproklamasikan kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945.

 

Tokoh Pemuda yang Berperan Penting dalam Peristiwa Kemerdekaan

Lalu, siapa saja tokoh pemuda yang memiliki andil besar dalam Peristiwa Rengasdengklok tersebut? Ada cukup banyak sosok yang punya peran penting, di antaranya adalah:

 

1. Sayuti Melik

 

 

Nama Sayuti Melik menjadi tokoh pemuda yang cukup dikenal oleh masyarakat Indonesia. Namanya tercatat sebagai sosok yang menuliskan teks proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Pria kelahiran Sleman, 22 November 1908 ini menulis teks tersebut menggunakan mesin ketik yang didapatkan dari kantor Kepala Perwakilan Angkatan Laut Jerman.

 

2. Soekarni

 

 

Nama lengkapnya adalah Soekarni Kartodiwirjo dan dikenal sebagai salah satu pemuda yang memperoleh gelar Pahlawan Indonesia. Soekarni dikenal sebagai sosok yang getol menggembleng para pemuda untuk berjuang bersama demi kemerdekaan Indonesia di Gedung Menteng 31.  Soekarno merupakan sosok yang terjun secara langsung dalam peristiwa penculikan Soekarno dan Hatta. Upaya penculikan tersebut bertujuan untuk menjauhkan kedua tokoh itu dari pengaruh Jepang.

 

3. Chaerul Saleh

 

 

Chaerul Saleh menjadi tokoh pemuda yang kerap bahu-membahu berjuang bersama Soekarni. Pria kelahiran Sawahlunto ini menjadi sosok penting dalam perjuangan pemuda pada era penjajahan Jepang. Apalagi, Chaerul Saleh adalah Ketua Persatuan Pemuda Pelajar Indonesia (1940-1942). Ketika Indonesia merdeka, Chaerul Saleh sempat menjabat sebagai wakil perdana menteri, ketua MPRS, serta menteri.

 

4. Wikana

Nama Wikana menjadi tokoh pemuda berikutnya yang punya andil besar dalam proses penculikan Soekarno dan Hatta dalam Peristiwa Rengasdengklok. Wikana menjadi sosok yang berupaya untuk membujuk kalangan militer Jepang agar tidak menganggu peristiwa kemerdekaan yang bersejarah pada 17 Agustus 1945. Ketika Indonesia berhasil meraih kemerdekaan, Wikana tercatat sebagai Menteri Negara Urusan Pemuda Indonesia yang pertama.

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?