Cara Mencari Bahan Mengajar yang Menarik di Internet

 

 

Bapak Ibu mungkin sudah sering mencari bahan mengajar di internet dengan menggunakan mesin pencari Google Search. Ketika kita mencari bahan dengan menggunakan kata kunci tertentu, hasil pencarian akan memunculkan ribuan halaman web. Bagaimana menentukan link yang tepat? Simak tips berikut untuk bisa melakukan pencarian yang efektif!

 

  1. Gunakan Tab

Tips pertama adalah menggunakan tab di pencarian Google. Di bagian atas setiap pencarian ada sejumlah tab seperti Web, Gambar, Berita, dan Lainnya. Pilihlah tab yang sesuai dengan apa yang ingin Bapak Ibu cari. Misalnya, jika membutuhkan gambar, gunakan tab Gambar atau Images. Jika mencari artikel berita terbaru, gunakan tab Berita atau News. Tab dapat memotong waktu pencarian kita secara drastis jika digunakan dengan benar.

 

 

  1. Gunakan Tanda Kutip

Mencari frase dalam tanda kutip seperti misalnya “materi TK” akan menghasilkan halaman dengan kata-kata yang sama dalam urutan yang sama seperti yang ada di tanda kutip. Ini adalah salah satu kiat penelusuran paling penting, sangat berguna jika Bapak Ibu mencoba menemukan hasil yang mengandung frase tertentu.

  1. Tuliskan Jenis File yang Spesifik

Bapak Ibu juga dapat mencari berdasarkan jenis file yang diinginkan. Ini akan sangat berguna dan mempersingkat waktu pencarian kita. Misalnya, tuliskan: Tabel Perkalian SD:jpg untuk mencari bahan-bahan tabel perkalian dalam bentuk gambar. Atau, Bapak Ibu dapat mencari: Tips Menghafal Tabel Periodik dengan Mudah:pdf untuk mencari file berbentuk pdf.

  1. Pastikan Web Aman dan Reliable

Hal lain yang tak kalah penting adalah memastikan sumber pencarian berasal dari website yang aman dan reliable. Website yang dikhususkan untuk pembelajaran seperti Primaindisoft.com adalah salah satu contoh website yang aman dan reliable untuk mendapatkan bahan mengajar yang menarik. Bapak Ibu juga dengan mudah dapat mencari konten tertentu dari website tersebut. Misalnya, ketik: benda langit:primaindisoft.com untuk mencari konten spesifik.

 

Demikian tips pencarian yang efektif di internet. Semoga dengan bahan mengajar yang menarik, pembelajaran menjadi lebih asyik di kelas!

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?