Bunda, Begini Cara Mengenalkan Sumpah Pemuda pada Si Kecil

Bunda, untuk menanamkan semangat Sumpah Pemuda pada si kecil, tidak harus menunggunya beranjak remaja. Justru, jika dikenalkan sejak dini, semangat itu lebih melekat di dalam dirinya.

Nah, Bunda bisa gunakan cara-cara berikut ini untuk mengenalkan Sumpah Pemuda pada buah hati. Yuk, simak.

  • Ajak Si Kecil untuk Mengikuti Lomba dalam Rangka Hari Sumpah Pemuda

Biasanya, banyak lembaga mengadakan lomba saat peringatan Sumpah Pemuda. Bentuk lomba tersebut bermacam-macam; dari mulai peragaan busana, mewarnai, hingga pidato bertema Sumpah Pemuda. Untuk kategori TK, umumnya diadakan lomba mewarnai.

Terlepas dari bakat si kecil, Bunda bisa mengenalkan Sumpah Pemuda lewat lomba mewarnai. Temani anak selama pelaksanaan lomba; dukung sepenuhnya agar ia bersemangat untuk menjadi juara.

  • Bersama Si Kecil, Hafalkan Teks Sumpah Pemuda

Anak kecil sering kali mengikuti tingkah orang tuanya. Bunda bisa manfaatkan hal ini untuk membuat si kecil hafal teks Sumpah Pemuda. Caranya mudah saja; tulis teks di secarik kertas atau di buku tulis, lalu bacakan secara nyaring di depan anak.

Awalnya, si kecil mungkin hanya diam mendengarkan Bunda membaca. Asalkan sering membacakan teks tersebut di hadapannya, lambat laun ia pasti hafal.

  • Ajak Si Kecil Berkunjung ke Museum Sumpah Pemuda

Bunda sering mengajak si kecil berwisata? Di momen Sumpah Pemuda, cobalah mengisi kegiatan rekreasi dengan mengunjungi museum. Agar bisa sambil mengenalkan sejarah Sumpah Pemuda pada buah hati, kunjungi Museum Sumpah Pemuda.

Museum Sumpah Pemuda berlokasi di Jakarta Pusat. Di dalam banguan ini terdapat koleksi benda peninggalan masa Sumpah Pemuda tahun 1928. Selain itu, di sana juga tersimpan foto-foto para pemuda saat 28 Oktober 1928.

  • Perlihatkan Poster-Poster yang Bertema Sumpah Pemuda

Poster merupakan salah satu media pembelajaran efektif untuk anak usia TK. Pasalnya, mereka sangat menyukai objek beraneka warna dengan bentuk unik. Anak lebih tertarik pada tampilan visual ketimbang tulisan.

Karena itu, mengenalkan Sumpah Pemuda melalui poster adalah cara paling efektif. Bunda bisa memasang poster di dinding rumah atau di kamar si kecil. Misalnya, dengan memilih poster bergambar pahlawan, masa kongres pemuda di tahun 1928, atau potret orang yang mengenakan beragam pakaian adat.

Demikian cara mengenalkan Sumpah Pemuda pada anak usia TK. Semoga bermanfaat.

 

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?