Ajarkan Hal Menarik Ini dari Maskot Asian Games 2018!

 

Asian Games 2018 adalah momen bersejarah ini jadi waktu yang tepat bagi Anda untuk memperkenalkan keanekaragaman bangsa pada si kecil. Anda bisa mulai dengan menceritakan fakta menarik Asian Games 2018 yang muncul lewat ketiga maskot yang berupa satwa khas Indonesia. Yuk, simak penjelasan berikut!

 

1. Bhin Bhin si burung cenderawasih (Paradisaea Apoda), sering disebut sebagai burung dari surga karena keindahannya. Alfred Russel Wallace, ahli biologi Inggris, mengungkapkan burung ini merupakan spesies tercantik di bumi. Sebuah rompi bermotif ukiran Asmat terpasang di tubuh Bhin Bhin dan mewakili simbol strategi.

 

2. Atung, rusa yang hanya hidup di Bawean, Gresik ini punya nama latin Hyelaphus kuhlii. Ceritakan juga pada si kecil bahwa populasi rusa Bawean ini semakin sedikit, malah nyaris punah. Ia jadi tahu mengapa ada juga hewan yang harus dilindungi, bukan diburu atau dipelihara. Nah, Atung mengenakan sarung motif tumpal khas Betawi dan mewakili simbol kecepatan.

 

3. Kaka, badak bercula satu (Rhinoceros sondaicus) yang jumlahnya tinggal sekitar 58 – 68 ekor. Ia masih bisa ditemukan di habitat aslinya, yakni Taman Nasional Ujung Kulon. Hanya badak jantan saja yang memiliki cula dengan panjang 20 cm. Sebagai maskot, Kaka mengenakan sebuah sampiran di leher bermotif bunga khas Palembang dan melambangkan kekuatan.

 

Anda juga dapat mengajarkan lebih jauh lagi tentang keanekaragaman lewat Peta Pikiran Suku Bangsa di Indonesia atau Persebaran Budaya Daerah Indonesia.  Mari ajak si kecil merayakan semangat berkebangsaan lewat Asian Games 2018, Energy of Asia.

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?