5 Cara Ampuh Mengatasi Stres Saat Ujian

Masa-masa ujian memang kadang membuatmu merasa tertekan. Simak 5 cara ampuh mengatasi stress saat ujian berikut ini!

 

Bagi semua anak sekolah, ujian adalah masa-masa yang berat. Selain waktu yang habis untuk belajar, otak juga terus diajak berpikir. Tidak peduli seberapa keras usaha kamu untuk bersikap santai, mencari cara untuk mengatasi stres saat ujian kadang jadi terabaikan.

Saat kamu dalam keadaan tertekan, otak mengeluarkan hormon kortisol yang tinggi. Hormon ini bisa menghalangi kamu berpikir jernih dan rasional. Akibatnya, bukannya bisa menjawab soal dengan baik, kamu malah semakin susah berkonsentrasi. Lantas, bagaimana caranya mengatasi stres saat ujian? Simak 5 cara ampuh berikut ini!

1. Prioritaskan Waktumu

Mengatur berapa banyak waktu yang akan kamu gunakan untuk menghafal untuk setiap materi pelajaran merupakan salah satu cara jitu mengurangi stres. Setelah menyelesaikan satu materi, buat lembaran check list. Ini akan membuatmu merasa lebih bersemangat dan teratur dalam belajar.

2. Makan dan Berolahragalah dengan Teratur

Kamu tidak ingin jatuh sakit di tengah-tengah waktu ujian karena terlalu sibuk belajar, bukan? Nah, luangkanlah waktu untuk sekadar berolahraga meskipun hanya berjalan keliling komplek rumah. Jangan lupa makan makanan yang bergizi agar staminamu untuk belajar tetap prima.

 

3. Jauhi Sosial Media

 

 

Bagi kamu yang tidak pernah lepas dari media sosial, Twitter, Facebook dkk adalah cobaan yang harus kamu lawan saat ujian. Memeriksa status temanmu di tengah-tengah menghafal rumus fisika akan membuatmu tenggelam dan akhirnya menghabiskan waktu berjam-jam di depan layar ponsel. Cobalah untuk tidak menyentuh media sosial selama ujian. Selain membuat waktu belajarmu semakin maksimal, kamu juga tidak akan terganggu karena teman-temanmu yang belajar lebih rajin darimu (atau tidak belajar sama sekali).

 

4. Jangan Lupa Beristirahat

 

 

Meski belajar keras itu bagus, tapi jangan lupa memberikan waktu istirahat. Kamu bisa menggunakan satu jam dalam sehari untuk sekadar menyantap camilan atau menonton acara televisi kesukaanmu. Tapi ingat, kalau kamu sudah membuat batasan satu jam jangan lebih, ya!

5. Belajar dengan Menggunakan Materi yang Menarik

 

 

Salah satu cara mengatasi stres saat ujian adalah mengganti materi pelajaran dengan media yang menarik. Salah satunya bisa kamu dapatkan di Primaindisoft. Di sini tersedia puluhan materi untuk semua mata pelajaran dan kumpulan latihan soal yang bisa kamu gunakan untuk membuat suasana belajar jadi lebih menyenangkan.

Itu dia 5 langkah mudah mengatasi stres saat ujian. Selamat mencoba!

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?