Mengajarkan Empati Kepada Anak Saat Terjadi Bencana

Baru-baru ini, beberapa bencana alam sedang terjadi di Indonesia. Hal ini tentu membuat kita semua merasa sedih dan prihatin. Dengan metode yang baik, kita bisa mengajarkan kepada anak untuk memahami apa yang dirasakan oleh orang lain ketika terjadi bencana.

Bercerita

Anda dapat menceritakan kepada anak-anakmengenai apa yang sebenarnya terjadi. Kaitkan dengan hal-hal sederhana yang bisa membuat ia merasa sedih agar ia dapat memahami apa yang dialami oleh orang lain yang tertimpa bencana. Anda dapat membacakan bacaan interaktif seperti Persahabatan Made, Kevin, dan Hasan dimana tokoh-tokohnya yang saling membantu ketika ada yang tertimpa musibah.

Memberikan Bantuan

Dengan contoh seperti yang dilakukan pada bacaan tersebut, ajar anak agar memiliki Perilaku Peduli Lingkungan Sosial dengan memberikan bantuan kepada orang yang tertimpa bencana. Anda dapat menggerakkan hati anak agar mau berbagi barang kesayangannya seperti mainan atau pakaian kepada anak-anak lain yang tertimpa bencana.

Memberi Pesan Penuh Semangat

Agar anak dapat mengekspresikan rasa empatinya, mintalah ia menyampaikan pesan untuk memberi semangat kepada anak-anak seusianya yang tertimpa bencana. Rekamlah video tersebut dan gunakan aplikasi sederhana di smartphone Anda seperti Viva Video untuk mengeditnya. Anda juga dapat meminta anak Anda untuk menulis puisi atau surat singkat kemudian mengeditnya dengan aplikasi Canva agar menjadi kartu ucapan yang indah.

 

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?