5 Persiapan Penting untuk Si Kecil Masuk TK

 

Tahun ajaran baru sudah datang dan tak terasa, si kecil sudah mau masuk TK! Menjelang masuk hari pertamanya, Anda bisa membantu si kecil untuk mempersiapkan sekolah. Bagaimana cara agar si kecil siap mental menghadapi hari-hari pertamanya di TK?

 

1. Sekolah Itu Menyenangkan

Beri gambaran pada si kecil tentang apa yang akan dilakukannya di sekolah nanti. Ceritakan bahwa ketika bersekolah, si kecil akan melakukan hal yang menyenangkan bersama guru dan teman. Menggambar, mewarnai, bernyanyi dan bermain bersama, semua itu bisa dilakukan setiap hari. Melihat berbagai Materi Pelajaran TK-A atau Materi Pelajaran TK-B juga dapat memberi gambaran kepada si kecil kalau aktivitas belajarnya akan menarik dan menyenangkan.

 

2. Mengingat Hal Dasar

Biasanya di hari pertama, si kecil akan diminta untuk memperkenalkan diri. Latihlah si kecil untuk bisa menghafal nama panjangnya, nama orang tua serta alamat rumah. Anda juga bisa menambahkan dengan hobi dan jumlah anggota keluarga. Jika si kecil sudah suka mencorat-coret, tak ada salahnya untuk mulai mengajarkannya menulis namanya sendiri. Tentu si kecil akan bangga menunjukkan pada teman-temannya di sekolah.

 

3. Belajar Mandiri

Nantinya si kecil akan jauh dari Anda dan rumah, maka persiapkan si kecil untuk bisa melakukan berbagai hal dasar sendiri. Misalnya, memakai pakaian sendiri, makan sendiri dan pakai sepatu sendiri. Mulai sekarang, biasakan si kecil melakukan itu semua sendiri di rumah. Ingat, belajar itu perlu proses dan waktu, sehingga Anda dan anggota keluarga lain harus bersabar jika si kecil terlihat kesusahan dan memerlukan waktu sedikit lebih lama memakai sepatunya sendiri, ya!

 

4. Membiasakan dengan Rutinitas

Ketika biasanya si kecil bebas untuk bangun pagi dan tidur malam, maka saat si kecil masuk TK sudah tidak bisa seperti itu lagi. Beberapa minggu sebelum masuk TK, ajak si kecil melakukan rutinitas baru layaknya saat bersekolah. Biasakan si kecil bangun pagi, sarapan lalu mandi, serta hindari tidur hingga larut malam. Ajak si kecil bermain game seperti Merapikan Kamar sehingga rutinitas baik itu semakin melekat pada dirinya.

 

5. Mengikuti Petunjuk dan Menyimak

Dalam belajar selalu ada petunjuk dan perintah. Biasakan si kecil untuk bisa mengikuti sebuah petunjuk dan mengerjakannya. Si kecil juga harus biasa untuk menyimak apa yang diberitahukan guru. Untuk itu Anda bisa membiasakan si kecil dengan mendongeng, saat Anda mendongeng minta si kecil untuk menyimak dan menceritakan kembali apa yang telah di dengarnya. Jika sudah bersekolah, Anda juga bisa membiasakan si kecil untuk menceritakan kembali apa yang dilakukannya di sekolah.

 

 

 

 

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?