Perhatikan 5 Hal Ini Agar Liburanmu Lebih Spesial

Siapa bilang remaja tidak boleh melakukan traveling seorang diri. Selama acara jalan-jalan tersebut disertai tanggung jawab dan persiapan yang matang, kenapa tidak? Lalu, apa saja yang harus dipersiapkan untuk menyambut liburan yang akan datang?

1. Lakukan Perencanaan yang Matang

Tentukan tanggal berlibur dan destinasi, serta persiapkan dokumen yang dibutuhkan seperti visa atau paspor bila bepergian ke luar negeri.  Catat juga bujet yang kira-kira akan Anda keluarkan. Lebih baik jika rencana perjalanan maupun informasi mengenai destinasi tujuan dirangkum dalam sebuah itinerary.

2. Pilih Destinasi yang Sesuai Kesukaan

Tujuan dari berwisata tentu untuk menyegarkan pikiran dan melepas penat dari segala rutinitas harian yang melelahkan. Untuk itu, pastikan Anda pergi ke tempat yang benar-benar disukai, bukan tempat yang tengah ramai diperbincangkan khalayak. Sebab, tempat populer belum tentu menjadi destinasi yang menyenangkan untuk Anda.

Bila Anda ingin pergi tempat yang tenang, maka segera putuskan untuk berlibur ke pantai yang belum terjamah banyak wisatawan. Atau mungkin daerah gunung maupun perbukitan yang jarang menjadi incaran wisatawan lain.

3. Pastikan Semua Keperluan Sudah Terpenuhi Sebelum Berlibur

Bagi remaja yang baru pertama kali melakukan perjalanan seorang diri, pastikan semua keperluan di tempat tujuan sudah terpenuhi. Mulai dari hotel yang akan menjadi tempat menginap, hingga kendaraan yang akan mengantar selama berlibur. Anda juga wajib memahami rute agar waktu tidak terbuang sia-sia selama perjalanan. Untuk itu, pastikan jarak hotel dengan destinasi tujuan tidak terlalu jauh.

4. Persiapkan Bawaan Seperlunya dan Fokuskan pada Barang Penting

Liburan akan lebih ringan bila Anda hanya membawa barang seperlunya. Utamakan keperluan pribadi seperti obat-obatan, peralatan mandi, maupun perangkat elektronik yang memang harus Anda bawa. Selain itu, bawa pakaian seperlunya untuk menghemat tenaga selama berlibur.

5. Cari Tahu Destinasi yang Dituju Terlebih Dahulu

Hal terakhir yang harus Anda lakukan sebelum berlibur adalah mencari tahu dengan detail destinasi yang dipilih. Pahami adat yang ada di sana, pastikan Anda tidak melanggar hal-hal yang dilarang, serta pahami daerah sekitar destinasi tujuan agar tidak tersesat.

Itulah 5 hal yang wajib Anda pahami sebelum berlibur. Apabila Anda masih belum berani memulai perjalanan seorang diri, tidak ada salahnya mengajak teman yang bisa menjadi partner menyenangkan. Manfaatkan primaindisoft untuk mencari teman asyik selama berlibur.

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?