5 Cara Membimbing Siswa agar Siap Ikut UNBK

lima tips persiapan menghadapi UNBK ini akan membantu guru membimbing siswa agar siap ikut UNBK.

 

Membimbing siswa agar siap menghadapi UNBK pasti menjadi salah satu tujuan guru. Soal yang menantang serta beban belajar yang berat membuat guru harus kreatif dalam membimbing siswa. Berikut beberapa tips persiapan menghadapi UNBK yang bisa dilakukan guru.

 

1.     Buat Daftar Bahan yang Harus Dipelajari

Membuat daftar bahan untuk dipelajari akan memberi siswa “tantangan nyata” untuk dilakukan. Guru bisa membuat prioritas materi untuk dipelajari, dan siswa bisa menyimpan daftar tersebut sebagai panduan belajar. Ketika satu materi selesai dipelajari, siswa bisa mencoretnya dan mulai belajar bahan lain. Hal ini membuat waktu belajar lebih efisien, dan siswa bisa lebih fokus.

 

2.     Tantang Siswa Membuat Soal Latihan Sendiri

Pasangkan siswa dengan teman di kelas, dan tantang mereka untuk membuat lima hingga 10 soal untuk teman mereka terkait materi yang diajarkan. Guru membantu mengawasi prosesnya serta memberi saran jika ada yang kesulitan. Membuat soal sendiri akan membuat siswa “menyelam” lebih dalam ke materi yang mereka pelajari.

 

3.     Diskusikan Materi Tersulit

Buat waktu khusus selama jam pelajaran untuk mendiskusikan materi tersulit. Buat daftar materi sulit bersama siswa, lalu sisihkan waktu untuk membahasnya secara berurutan. Hal ini akan membantu sebanyak mungkin siswa mempelajari materi sulit (karena kemampuan tiap siswa berlainan).

 

4.     Ajak Siswa Berdiskusi tentang Cita-cita

Diskusi menyenangkan tentang cita-cita dan minat bisa membuat siswa termotivasi. Siswa juga akan merasa lebih santai saat menghadapi ujian. Guru bisa mengaitkan antara materi yang dipelajari dengan potensi karir atau cita-cita para siswa. Diskusi juga akan membuat siswa merasa didengar dan diperhatikan.

 

5.     Latihan Soal dengan Perangkat Terbaik

Ujian berbasis komputer membutuhkan latihan terus-menerus agar siswa terbiasa. Guru bisa menggunakan aplikasi khusus untuk memberi latihan dengan soal setara ujian nasional, seperti Aplikasi Latihan Ujian Nasional dari Primaindisoft.

 

Guru dapat memanfaatkan ALUN, yaitu Aplikasi Latihan Ujian Nasional untuk berbagai jenjang. Aplikasi ini memiliki latihan soal Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, Fisika, Biologi, dan Kimia. Guru pun dapat membantu siswa meraih hasil terbaik dengan tips persiapan menghadapi UNBK ini.

 

Komentar