4 Sikap Bijak Warganet dalam Menghadapi Pemilu 2019

Warganet adalah kelompok masyarakat yang tidak bisa diabaikan kekuatannya pada zaman digital. Berikut adalah 4 sikap yang harus dimiliki menjelang Pilpres 2019.

Pada 17 April 2019 mendatang, Indonesia akan menggelar perhelatan besar, yaitu Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg). Pemilu 2019 adalah kesempatan kesekian bagi masyarakat Indonesia sejak Proklamasi Kemerdekaan RI 1945 untuk memperbaharui harapannya. Caranya adalah dengan memilih presiden dan jajaran legislatif yang dianggap mampu memimpin bangsa ini.

Menariknya, berkat perkembangan teknologi, Pemilu 2019 ditengarai semakin berwarna. Bukan hanya di dunia nyata, para warganet di dunia maya juga tak kalah semangat dalam mendukung pilihannya. Nah, ada beberapa sikap penting yang perlu dilakukan oleh warganet dalam menghadapi Pemilu 2019.

1. Stop menyebarkan hoax

Hoax merupakan isu yang sangat meresahkan masyarakat Indonesia beberapa waktu terakhir. Pemberitaan kabar bohong ini berdampak besar terhadap kesatuan Indonesia sebagai bangsa. Kelompok masyarakat bisa terpecah-belah karena terprovokasi informasi yang tidak benar.

Menjelang Pemilu 2019, ada saja hoax yang diluncurkan untuk menjatuhkan lawan politik. Warga negara yang bijak sebaiknya tidak mudah percaya, apalagi menyebarkan berita tersebut.

2. Jangan mudah terpancing

Perdebatan di media sosial akhir-akhir ini semakin ramai. Orang-orang berbondong-bondong mendukung capres tertentu tanpa memikirkan hal lain. Tidak sedikit pula yang melewati batas dengan menjelek-jelekkan capres lain, baik dengan data yang tidak valid, bahasa yang kasar dan tidak santun, dan sebagainya.

Warganet bijak sebaiknya tidak mudah terpancing untuk membalas perdebatan yang tidak sehat. Pasalnya, perdebatan seperti ini biasanya tidak akan menghasilkan sesuatu yang baik dan bermanfaat.

3. Berhati-hati dalam menyampaikan opini

Kebebasan berpendapat adalah hak setiap warga negara di Indonesia. Namun, hak tersebut harus dilakukan dengan penuh tanggung jawab. Bagi Anda yang ingin beropini terhadap seseorang atau keadaan di negara Indonesia, sebaiknya lakukan dengan penuh kehati-hatian.

Opini yang baik harus didukung dengan fakta yang valid. Konteksnya juga harus tepat dan disampaikan dengan santun. Opini sejenis ini akan bermanfaat, bukan untuk menjatuhkan pihak tertentu.

4. Aktif dan partisipatif

Sikap lainnya yang harus dimiliki oleh warganet adalah aktif dan partisipatif. Banyak orang yang merasa masa bodoh dengan keramaian Pemilu 2019 ini. Padahal, kesempatan ini hanya terjadi sekali dalam 5 tahun. Salah satu cara untuk turut berperan membangun Indonesia adalah dengan memberikan suara dan mendukung orang-orang yang dianggap mampu mengelola bangsa ini.

Nah, bagi Anda yang ingin mempelajari lebih jauh tentang Pemilu 2019, Anda juga bisa berkunjung ke primaindisoft.com. Selamat menjelajah!

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?