3 Tips Belajar untuk Mempersiapkan Penilaian Tengah Semester yang Bermanfaat

Belajar sebelum penilaian tengah semester tiba merupakan salah satu kewajiban yang harus dilakukan jika kita ingin mendapat nilai yang memuaskan. Tidak heran jika sebelum ujian tiba, banyak sekali teman kita yang belajar mati-matian di guru les mereka, atau mengulang sendiri materi yang didapatkan di sekolah secara tekun dan rajin.

Karena disadari atau tidak, salah satu kewajiban kita sebagai siswa adalah belajar. Meskipun belajar penting, terkandang sebagai manusia kita juga bisa merasa cepet bosan. Apalagi jika materi yang dipelajari sangat sulit dan sukar untuk dipahami. Akhirnya antusiasme belajar menurun, dan saat ujian tiba, apa yang telah diberikan oleh guru sama sekali tidak bisa kita ingat.

Nah, agar saat persiapan penilaian tengah semester kita tidak mudah bosan, ada beberapa tips belajar seru lo yang bisa dipersiapkan. Apa saja tips tersebut, mari kita simak ulasannya berikut.

1. Menulis ulang catatan pelajaran

Bagi yang mudah bosan dan tidak tahu apa yang harus dipelajari sebelum menghadapi ujian, cobalah untuk menulis ulang catatan pelajaran dengan menggunakan bolpoin dan kertas warna-warni. Karena ditulis ulang, tanpa disadari kita akan mengingat poin-poin yang ditulis ulang tersebut.

Rasa semangat kita juga akan berkobar jika melihat tulisan yang warna-warni atau kertas dengan gambar yang menarik. Bahkan kalau perlu, berilah highlight dengan warna terang pada poin-poin yang penting agar kita mudah mengingatnya saat ujian.

2. Mengerjakan latihan soal

Bagi yang kesulitan menghafal poin-poin pembelajaran, kamu bisa belajar melalui buku-buku latihan soal, atau kamu bisa lihat kumpulan latihan soal Primaindisoft Karena biasanya, pertanyaan yang keluar saat ujian, tidak jauh dari latihan soal tersebut. Agar hasilnya maksimal, cobalah untuk mengerjakan latihan soal tanpa melihat lembar jawaban di belakangnya.

3. Belajar menggunakan aplikasi interaktif

Se;ain beberapa cara konvensional di atas, kamu juga bisa melakukan persiapan ujian dengan belajar melalui media interaktif, seperti aplikasi pembelajaran yang bisa didapatkan dari Primaindisoft. Serunya, meskipun konten aplikasi dan pembelajaran di sini memang dibuat khusus sesuai kurikulum terbaru, tetapi bentuknya yang variatif seperti komik elektronik membuat proses pembelajaran terasa lebih menyenangkan.

Apalagi jika kamu telah menjadi member premium. Akses maksimal ke konten lain seperti trivia dan kuis dapat membuat pengalaman belajar terasa lebih seru dan tidak membosankan. Menarik bukan?

Nah, itulah beberapa tips belajar untuk mempersiapkan penilaian tengah semester.

Semoga bermanfaat.

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?