3 Perayaan Natal yang Unik di Berbagai Daerah di Indonesia

Tiga daerah di Indonesia ini memiliki beragam tradisi perayaan natal yang unik. Yuk, simak ulasan selengkapnya!

Natal menjadi salah satu perayaan keagamaan yang diperingati secara besar-besaran di Indonesia. Umat Kristiani di sejumlah daerah di Nusantara bahkan memiliki tradisi perayaan Natal yang unik untuk dilakukan setiap tahun. Ingin tahu daerah mana saja yang memiliki tradisi spesial pada Hari Natal dan bagaimana keseruan perayaan tersebut? Berikut adalah tiga di antaranya.

1.     Marbinda di Sumatera Utara

Marbinda merupakan tradisi Natal dari masyarakat suku Batak yang tinggal di sejumlah daerah di Sumatera Utara. Tradisi ini memiliki kemiripan seperti hari raya Iduladha yang diperingati umat Muslim. Seperti halnya Iduladha, suku Batak di Sumatera Utara akan menyembelih dan membagikan daging hewan kepada penduduk.

Uniknya, hewan yang disembelih akan dibeli dari dana hasil patungan warga. Jenis hewannya pun disesuaikan dengan besaran dana yang didapatkan. Jika hasil patungannya besar, masyarakat bisa membeli dan menyembelih kerbau. Namun, jika dana dihasilkan dalam jumlah kecil, masyarakat biasanya hanya menyembelih babi atau kambing. Terlepas dari jenis hewan yang disembelih, daging dari hewan tersebut akan dibagikan secara merata kepada seluruh masyarakat yang turut berpartisipasi.

2.     Ngejot dan Penjor di Bali

Perayaan Natal yang unik lainnya hadir di Pulau Dewata, Bali. Tradisi menyambut Hari Natal yang dilakukan di pulau ini merupakan cerminan toleransi antarumat beragama karena melibatkan umat Kristiani dan umat Hindu di Bali. Perayaan tersebut bernama Ngejot dan Penjor.

Ngejot merupakan tradisi berbagi bingkisan makanan tradisional Bali, seperti lawar dan sate babi. Sementara itu, penjor adalah hiasan janur bambu yang dipasang untuk menyambut datangnya Hari Natal.

3.     Kunci Taon di Manado

Rangkaian perayaan Kunci Taon di Manado bisa dianggap sebagai perayaan Natal terpanjang. Pasalnya, tradisi ini berlangsung dari awal bulan Desember hingga awal tahun baru di bulan Januari. Meski demikian, tanggal 25 Desember tetap menjadi puncak dari rangkaian perayaan ini.

Perayaan pra- dan pasca-natal menghadirkan beragam acara kebaktian di gereja serta karnaval warga berkostum unik yang memenuhi jalan raya. Sementara itu, tepat pada tanggal 25 Desember, warga akan berkunjung ke pemakaman leluhur untuk berdoa serta membersihkan dan menghias makam dengan bunga.

Itulah beberapa daerah di Indonesia yang menyelenggarakan berbagai perayaan Natal yang unik setiap tahunnya. Selain sejumlah perayaan tersebut, beragam suku dan budaya di Indonesia juga memiliki banyak tradisi lainnya yang bisa dieksplorasi. Yuk, kenali lebih jauh ragam tradisi dan kebudayaan di Indonesia melalui platform belajar digital Primaindisoft!

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?