3 Aturan Unik dan Kreatif yang Bisa Anda Terapkan di Kelas

Simak sejumlah cara mengajar kreatif di kelas berikut ini untuk ciptakan suasana belajar yang menyenangkan.

 

Aturan atau aktivitas yang kreatif dan inovatif akan menarik perhatian siswa saat mengikuti pembelajaran di dalam kelas. Oleh karena itu, guru harus senantiasa mengeksplorasi berbagai cara mengajar kreatif di kelas. Dari banyaknya teknik dan metode pembelajaran menarik yang dapat dieksplorasi, berikut adalah tiga metode mengajar unik nan kreatif yang bisa Anda terapkan dalam aktivitas pembelajaran.

1.     Curah Pendapat (Brainstorming)

Dengan menerapkan aturan brainstorming, pembelajaran di kelas dapat dikembangkan menjadi aktivitas yang lebih aktif dan kreatif. Brainstorming sebaiknya dilakukan sebelum materi utama disampaikan. Aktivitas ini dapat memotivasi siswa untuk membahas dan mendiskusikan permasalahan yang berhubungan dengan materi pembelajaran sekaligus memikirkan cara terbaik untuk mencari solusinya.

Saat melakukan brainstorming di kelas, pastikan anda menjaga suasana kelas tetap fokus dan terarah. Dengan begitu, tujuan utama dari aktivitas ini dapat tercapai sempurna.

2.     Pemetaan Konsep (Concept Mapping)

Concept mapping merupakan cara mengajar kreatif di kelas yang terbilang efektif dalam mengukur kemampuan kognitif siswa. Aktivitas ini biasanya dilakukan melalui beberapa tahapan, yakni pengenalan konsep, penyusunan desain atau struktur konsep, serta pembahasan konsep. Seluruh tahapan tersebut dilakukan secara interaktif dan melibatkan komunikasi langsung antara guru dan siswa.

Untuk melakukan concept mapping sebelum masuk ke materi inti, Anda dapat memberikan sejumlah pertanyaan terkait atau menunjukkan bagan yang berisi poin-poin penting dalam pembelajaran yang akan disampaikan.

3.     Bermain Peran (Role Playing)

Role playing adalah aktivitas yang sangat menarik untuk dilakukan saat pembelajaran di kelas. Aktivitas ini mengharuskan siswa untuk mengambil peran-peran tertentu yang berhubungan dengan materi belajar.

Dalam pembelajaran bahasa Inggris, misalnya, salah seorang siswa bisa diminta untuk berperan sebagai turis asing yang datang ke daerah sementara siswa lainnya menjadi penduduk lokal daerah tersebut. Dengan mengajak siswa bermain peran, Anda sebagai guru dapat langsung menilai pemahaman siswa dari cara dan perspektif mereka saat memainkan peran yang diberikan.

 

Itulah sejumlah cara mengajar kreatif di kelas yang bisa diterapkan dengan cukup mudah. Selain menerapkan tiga aturan atau metode di atas, Anda juga bisa memanfaatkan sejumlah materi kreatif dan latihan soal untuk berbagai tingkat pendidikan di situs pembelajaran Primaindisoft. Segera daftar jadi membership sekarang!

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?