Tips Semangati Siswa Persiapkan UNBK SMA

Bagi seorang murid, peran guru sebenarnya lebih dari sekadar seseorang yang memberikan materi pembelajaran. Apalagi saat menjelang ujian seperti UNBK SMA, anak-anak biasanya memerlukan motivasi tambahan untuk membuat mereka lebih bersemangat.

Sebagai seorang guru, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat siswa-siswi Anda semakin rajin belajar. Simak tipsnya berikut ini!

1. Bangun Kepercayaan Dirinya

Salah satu fondasi penting agar siswa bersemangat menghadapi UNBK SMA adalah dengan membangun kepercayaan diri mereka. Sebarkan semangat positif, bisa dengan cara memberikan pujian dan tidak menjatuhkan ketika mereka melakukan kesalahan. Ajarkan mereka cara berpikir positif dengan cara berusaha lagi setelah mengalami kegagalan. Hal-hal kecil semacam ini akan membantunya lebih semangat dan yakin saat menghadapi ujian.

2. Beri Siswa Anda Tips dan Strategi Belajar

Keberhasilan siswa dalam ujian bukan hanya ditentukan dari seberapa besar pendalaman materi yang mereka lakukan. Beri mereka tips-tips seperti dengan menyelesaikan soal yang lebih mudah terlebih dahulu. Beri mereka simulasi berupa latihan soal dan minta mereka menyelesaikan dalam waktu yang sudah Anda tentukan. Ini akan membuat mereka terlatih mengatur waktu saat ujian yang sebenarnya berlangsung nanti.

3. Dampingi Siswa Secara Emosional

Jika Anda melihat ada siswa tertentu yang kelihatan sulit berkonsentrasi, coba dekati. Tanyakan apakah ada yang mengganggu pikiran mereka. Stres dan tekanan menjelang ujian bisa menjadi penyebabnya dan yang harus Anda lakukan adalah memberikan dukungan emosional. Jika perlu, bantu mereka mengelola stres yang dialami dengan relaksasi ringan atau sekadar membuat permainan 10 menit untuk membuat suasana belajar jadi lebih relaks.

2. Beri Siswa Materi Pembelajaran yang Menyenangkan

Salah satu kunci untuk membuat siswa bersemangat untuk belajar mempersiapkan UNBK SMA adalah dengan menyediakan media pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan. Selain bisa membuat mereka lebih mudah mencerna materi, suasana belajar yang santai akan menghindarkan siswa dari rasa stres.

Primaindisoft sebagai situs pembelajaran online terbaik telah menyiapkan ribuan materi yang bisa mendukung kegiatan belajar mengajar Anda di sekolah. Konten seperti kumpulan Latihan Soal dan Aplikasi Latihan Ujian Nasional (ALUN) bisa digunakan siswa untuk belajar mempersiapkan UNBK SMA secara mandiri di rumah.

 

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?