Tips Menghilangkan Malas Belajar Yang Wajib Kamu Ketahui!

Suka Malas Saat Belajar? Tips Ini Membantu Kamu Menghilangkan Kebiasaan Buruk Tersebut

Rasa malas belajar bukanlah satu masalah baru bagi para pelajar. Bukan rahasia umum lagi, kalau ingin menjadi orang sukses haruslah memiliki sikap disiplin yang tinggi di mana tidak ada sedikit pun sifat malas dalam diri kita. Ketika rasa malas sudah kita beri ruang di dalam diri kita, maka kita akan diperdaya oleh rasa malas itu sendiri. Berikut beberapa tips belajar yang bisa kamu coba agar termotivasi kembali untuk belajar.

 

Temukan Penyebab Kemalasan

Jika kamu mengalami hal seperti ini, maka introspeksi diri dulu. Coba tanya dalam hati, kenapa kamu bisa malas belajar, kurang lebih seperti dokter yang mencoba mendiagnosa penyakit pasiennya. Jika kamu malas belajar sendiri di rumah kamu bisa mencoba belajar bersama dengan teman sekelas di tempat yang lebih menyenangkan.

 

Motivasi Diri

Setelah tahu hal-hal yang membuat kamu malas belajar, tentu kamu tahu cara mengatasinya.  Atasilah rasa malas itu secepat mungkin, jangan ditunda, apalagi dipelihara. Kamu perlu memotivasi diri sendiri. Buat pola pikir bahwa rajin belajar merupakan hal utama untuk mencapai cita-cita dan kesuksesan.

 

Strategi Belajar

Mencari strategi yang sesuai adalah salah satu cara dalam mengatasi kemalasan, baik saat belajar di rumah atau di kelas. Untuk materi hapalan, cara yang biasa justru akan ngebuat kamu sulit menghapal. Coba cara lain yang belum pernah kamu lakukan sebelumnya. Misalnya dengan buat singkatan lucu untuk mudah diingat .

 

Prioritas Belajar

Bila anda tidak bisa membuat prioritas belajar, maka anda akan keteteran dalam belajar, baik di sekolah atau pun di rumah. Dengan membuat dan memberikan prioritas pada pelajaran yang anda kurang kuasai, anda akan semakin mudah mengerti materi yang sedang anda prioritaskan untuk kuasai.

 

Posisi Belajar

Meski pun terasa kurang masuk akal, tetapi ini akan sangat mempengaruhi anda dalam mood (emosi) belajar. Bila anda belajar sambil tidur-tiduran maka lambat laun anda pasti akan tertidur. Sebaiknya kamu belajar di atas meja belajar dengan pencahayaan yang cukup. Supaya kamu dapat menjaga konsentrasi dan mood dalam belajar.

 

 

 

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?