Tips dan Trik Lengkap Menghafal Tabel Periodik Dengan Mudah

Tabel periodik adalah tampilan unsur-unsur kimia dalam bentuk tabel. Unsur-unsur tersebut disusun berdasarkan nomor atom (jumlah proton dalam inti atom), konfigurasi elektron, dan keberulangan sifat kimia. Tabel juga terbagi menjadi empat blok: blok -s, -p, -d, dan -f. Secara umum, dalam satu periode (baris), di sebelah kiri bersifat logam, dan di sebelah kanan bersifat non-logam.

Sedangkan baris pada tabel disebut periode dan kolom disebut golongan. Enam golongan (kolom) mempunyai nama selain nomor: contoh, unsur golongan 17 adalah halogen, dan golongan 18 adalah gas mulia. Tabel periodik dapat digunakan untuk menurunkan hubungan antara sifat-sifat unsur, dan memperkirakan sifat unsur baru yang belum ditemukan atau disintesis. Tabel periodik memberikan kerangka kerja untuk melakukan analisis perilaku kimia, dan banyak digunakan dalam bidang kimia dan ilmu lainnya.

Hingga tahun 2016, terdapat 118 unsur yang telah dikonfirmasi pada tabel periodik diantranya meliputi unsur 1 hidrogen hingga 118 oganesson, dengan penambahan unsur terbaru seperti nihonium, moscovium, tennessine, dan oganesson yang dikonfirmasi oleh International Union of Pure and Applied Chemistry (IUPAC) pada tanggal 30 Desember 2015 dan secara resmi diberi nama pada tanggal 28 November 2016.

Setiap unsur di tabel periodik memiliki warna tertentu. Warna-warna tersebut biasanya menunjukkan wujudnya ketika berada di suhu 25oC. Pewarnaan pada pada unsur tabel periodik tersebut tidak mencermirkan bahwa unsur tersebut memiliki warna tertentu, untuk lebih jelasnya perhatikan penjelasan berikut.

  • Biru Muda. Unsur yang diberi warna biru muda berwujud padat. Semua logam kecuali Hg (raksa) berwujud padat.
  • Merah Muda. Unsur yang diberi warna merah muda berwujud gas. Semua unsur dalam golongan VIII A berwujud gas dan disebut gas mulia karena unsur-unsur tersebut sangat stabil dan sangan sulit untuk bereaksi.
  • Oranye (Jingga). Unsur yang diberi warna oranye berwujud cair.
  • Kuning . Unsur yang diberi warna kuning merupakan unsur buatan. Unsur buatan adalah unsur yang sengaja dibuat oleh manusia untuk berbagai keperluan.

Tips dan Trik Menghafal Tabel Periodik

Tabel periodik unsur kimia memang sering jadi momok menakutkan bagi kita pelajar SMA. Jumlah unsur yang sangat banyak dengan singkatan yang sulit dipahami serta ditambah struktur penomoran atom yang rumit membuat menghafal tabel periodik menjadi sesuatu yang sangat sulit dan menjemukan.

Tetapi sebenarnya menghafal tabel periodik itu sangat mudah asalkan kamu tahu strategi yang tepat menghafal tabel periodik. Bagaimana caranya?

Yuk, download ebook yang berisi tips dan trik lengkap berikut. Ebook ini akan membantu kamu menghafal tabel periodik dengan unsur-unsur dari berbagai golongan. Kamu akan bisa menghafalkan puluhan nama unsur dengan cara yang mudah dan cepat.

DOWNLOAD TIPS LENGKAP MENGHAFAL TABEL PERIODIK

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?