Tips Membantu Siswa Agar Dapat Mempersiapkan Ujian dengan Baik

Guru merupakan ujung tombak penyelenggaraan pendidikan di sekolah. Ini artinya, kita berperan besar dalam meningkatkan prestasi siswa dalam ujian, baik itu Ujian Tengah Semester (UTS), Ujian Akhir Semester (UAS), atau bahkan Ujian Nasional (UN).

Oleh sebab itu, di samping mengajarkan materi pelajaran yang dibutuhkan siswa saat ujian, sebagai guru yang baik kita tentu harus membantu siswa untu mempersiapkan ujian. Nah, berikut adalah beberapa tips atau strategi yang bisa Anda lakukan untuk membantu siswa mempersiapkan ujian, khususnya Ujian Nasional (UN).

1. Tingkatkan Kepercayaan Diri Siswa

Meningkatkan kepercayaan diri siswa perlu dilakukan menjelang Ujian Nasional. Pasalnya, masa-masa sebelum UN biasanya menjadi masa ketika para siswa mulai merasa stres, cemas, dan diliputi kegundahan. Dengan memberikan support dan dukungan, diharapkan para siswa dapat lebih percaya diri sehingga mereka pun bisa mengerjakan ujian dengan baik.

2. Ulangi Pelajaran

Menjelang UN, guru sebaiknya fokus mengulang pelajaran sesuai dengan kisi-kisi UN yang diberikan. Hal ini dapat membantu siswa dalam memilah materi-materi yang harus mereka pelajari kembali, misalnya materi mulai kelas 1 – 5 untuk siswa kelas 6 SD, materi kelas 7 dan 8 untuk siswa kelas 9 SMP, serta materi kelas 10 dan 11 untuk siswa kelas 12 SMA. Nah, untuk merangkum materi yang banyak ini, Anda bisa menggunakan strategi mind mapping agar lebih ringkas dan mudah dipelajari.

3. Tambah Jam Belajar

Program tambahan belajar ini cukup efektif membantu siswa mendapat hasil UN yang baik. Program ini bisa dilakukan pada sore hari sepulang sekolah dengan mengajarkan materi pelajaran yang di UN-kan.

4.  Berikan Latihan-Latihan Soal

Memberi banyak latihan soal dapat membantu siswa untuk mengenali ragam soal yang akan dikeluarkan dalam Ujian Nasional. Jika latihan-latihan soal biasa dirasa belum cukup, Anda juga bisa bekerja sama dengan pihak sekolah untuk mengadakan try out atau ulangan uji coba setiap dua minggu atau satu bulan sekali. Dengan melaksanakan try out secara rutin menjelang UN, diharapkan guru dan sekolah dapat memperoleh gambaran sejauh mana kemampuan siswa dalam memahami materi yang diujikan.

5. Ajarkan Strategi Menjawab Soal

Terakhir, ajarkan juga siswa tentang strategi menjawab soal-soal ujian. Pada umumnya, siswa akan menjawab soal ujian secara urutan dari nomor 1, 2, dan seterusnya. Namun, cara ini tidak efektif karena siswa sering kali terjebak dan menghabiskan banyak waktu di soal-soal yang sulit.

Karena soal UN biasanya terbagi menjadi tiga kelompok, yakni sulit 20%, sedang 50%, dan mudah 30%, latih siswa untuk mengidentifikasi soal-soal yang masuk kategori mudah dan sedang serta untuk sementara waktu mengabaikan soal-soal yang masuk kategori sulit.

Jadi, itulah beberapa strategi yang bisa Anda lakukan untuk membantu siswa dalam mempersiapkan ujian. Semoga bermanfaat!

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?