Tips Jitu Menghadapi Keberagaman Karakteristik Siswa

Dalam satu kelas, Anda pasti akan menemukan keberagaman. Bagaimana sebaiknya sikap guru menghadapi karakter siswa yang berbeda-beda ini?

Setiap anak terlahir unik. Saat berada di dalam kelas, Anda mungkin akan menyadari bahwa setiap anak yang meskipun berasal dari kelompok usia yang sama, memiliki banyak perbedaan. Baik dari segi penampilan, minat, tingkat kecerdasan, sikap hingga temperamen mereka. Perbedaan ini adalah sesuatu yang alami dan wajar. Lantas, bagaimana sebaiknya sikap guru menghadapi karakter siswa yang berbeda-beda ini?

Sebagai seorang tenaga pendidik, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan antara lain:

  1. Memilih Metode Pembelajaran yang Tepat

Metode pembelajaran yang hanya membaca saja mungkin tidak cocok untuk anak yang mengandalkan kemampuan audio. Sebaliknya, tidak semua anak bisa menangkap materi hanya dengan penjelasan. Dengan mengetahui karakter seperti apa saja yang ada di kelas, Anda bisa memadukan beragam metode pembelajaran untuk satu materi agar bisa dipahami oleh semua anak.

  • Memperlakukan Peserta Didik Secara Adil

Tidak semua anak memiliki kemampuan yang sama dalam satu mata pelajaran. Salah satu sikap guru menghadapi perbedaan karakter ini adalah tetap memperlakukan semua siswa dengan sama rata. terlepas dari seberapa besar kemampuan mereka dalam menerima materi yang diajarkan.

  • Memberikan Motivasi yang Tepat

Anda mungkin akan menemukan siswa yang tidak punya kemampuan berbahasa sehebat teman-temannya yang lain. Di sinilah Anda sebagai guru berperan memberikan motivasi yang tepat. Alih-alih menganggap kemampuannya yang minim sebagai kekurangan, coba temukan kelebihannya yang lain. Setelah itu dorong dia untuk mengembangkan potensi yang dia miliki. Dengan begitu, anak didik tidak akan merasa kurang berharga dibanding teman-temannya yang lain.

  • Berinteraksi Secara Tepat

Pemahaman yang baik terhadap perbedaan individual anak adalah kunci untuk menjalin komunikasi yang baik dengan peserta didik. Murid A mungkin akan lebih semangat jika dikritik tapi B menjadikan kritikan sebagai cambuk untuk membuatnya lebih baik. Salah satu sikap guru menghadapi karakter siswa yang berbeda-beda adalah dengan menyampaikan apa yang Anda pikirkan dengan cara interaksi yang baik dan tidak melukai hati anak-anak.

Selain keempat poin di atas, salah satu sikap guru menghadapi karakter siswa yang berbeda-beda ini adalah dengan menciptakan iklim belajar yang kondusif. Untuk itu, Anda memerlukan media pembelajaran yang menarik. Di Primaindisoft, Anda bisa mendapatkan semua kebutuhan untuk mendukung proses pembelajaran yang menyenangkan dan bisa diterima semua anak didik.

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?