Tanamkan Jiwa Kepemimpinan Anak Didik dengan Mengenal Sosok Pemimpin Berikut!

Selain sikap dasar kepemimpinan yang harus senantiasa dilatih, anak didik juga butuh mengenal sosok pemimpin, lo. Berikut beberapa di antaranya.

Sebagian beranggapan bahwa jiwa kepemimpinan adalah bakat alami yang hanya dimiliki orang-orang tertentu. Alih-alih bawaan lahir, karakter leadership sebenarnya bisa ditanamkan dan dikembangkan dalam diri setiap orang. Minimal, memimpin dirinya sendiri.

Nah, bagi Anda para guru, tak ada salahnya untuk mulai menanamkan jiwa kepemimpinan ini pada anak didik. Ada beberapa sikap dasar yang harus senantiasa dilatih, seperti rasa percaya diri, kejujuran, berani berpendapat, tanggung jawab, dan saling menghargai.

Selain membiasakan beragam sikap positif tersebut, Anda juga bisa mengenalkan mereka pada sosok pemimpin. Dengan cara ini, mereka bisa belajar gaya leadership serta bagaimana sikap pemimpin sejati ketika menghadapi suatu masalah. Nah, berikut beberapa sosok di Indonesia yang bisa dijadikan figur dalam proses menanamkan jiwa kepemimpinan anak didik.

  1. Ir.Soekarno

Jiwa kepemimpinan sang proklamator ini memang tak perlu diragukan lagi. Sebagai seorang orator ulung, beliau mampu membangkitkan semangat dan nasionalisme rakyat Indonesia untuk memperjuangkan kemerdekaan.

Tak hanya di lapangan, beliau juga sangat getol memperjuangkan nasib bangsa melalui meja diplomasi. Tercatat, di tahun 1930, pledoi ‘Indonesia Menggugat’ dibacakan di pengadilan Landraad – Bandung yang kemudian kembali membakar semangat rakyat untuk terbebas dari penjajahan.

Selain penuh kharismatik dan antikolonialisme, Bung Karno juga dikenal sebagai pemimpin yang sangat inovatif dan penuh inisiatif. Tak heran jika kemudian, kepemimpinannya pernah menjadi sumber inspirasi sekaligus panutan pergerakan kemerdekaan negara-negara terjajah di Asia dan Afrika.

  1. Bung Tomo

Aksi heroik yang dilakukan Arek Suroboyo pada 10 November 1945 tentu tidak lepas dari peran sang pemimpin, Bung Tomo. Orasinya yang penuh semangat dan meledak-ledak mampu menggerakkan dan membakar semangat rakyat Surabaya untuk melawan penjajah. Tak ayal, semangat berjuang hingga titik darah penghabisan ini kemudian mengantarkan Kota Surabaya dinobatkan sebagai Kota Pahlawan.

Selain dikenal sebagai sosok yang keras dan teguh pendirian, Bung Tomo juga merupakan pribadi yang sederhana dan tulus. Sosok pemimpin sejati yang juga layak dijadikan panutan, bukan?

  1. dr. Soetomo

Nyatanya, cikal bakal dari pergerakan kemerdekaan adalah lahirnya organisasi Boedi Oetomo pada 20 Mei 1908. Sebuah organisasi kepemudaan yang sangat revolusioner dalam sejarah perjuangan bangsa. Melalui organisasi ini, dr. Soetomo dan para pendiri lainnya berusaha  menanamkan mindset bahwa kekuatan terbesar sebuah bangsa berada di tangan pemuda. Tak ayal, kesadaran dan semangat ini pun kian meluas yang ditandai dengan lahirnya beragam organisasi kepemudaan.

Itulah beberapa sosok pemimpin yang bisa dijadikan figur dalam proses penanaman jiwa kepemimpinan anak didik. Semoga bermanfaat.

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?