Sejarah di Balik “May Day”, Hari Buruh Internasional

Hari buruh internasional yang diperingati setiap tanggal 1 Mei ternyata telah digagas sejak dua abad silam. Yuk, simak sejarah singkatnya!

 

Setiap tahun, sebagian besar negara di dunia memperingati tanggal 1 Mei sebagai Hari Buruh Internasional. Hari besar ini juga diperingati di Indonesia, bahkan ditetapkan sebagai hari libur nasional.

Namun, tahukah kalian tentang sejarah hari buruh atau May Day? Peristiwa apa yang sebenarnya melatarbelakangi peringatan ini? Berikut adalah ringkasan sejarah di balik penetapan tanggal 1 Mei sebagai Hari Buruh Internasional.

 

 

Sejarah Hari Buruh Internasional

Sejarah Hari Buruh Internasional tidak dapat dilepaskan dari tuntutan para pekerja yang menginginkan perlindungan, kesejahteraan, serta kehidupan yang lebih layak.

Sebelum abad ke-20, kehidupan buruh di hampir seluruh belahan dunia sangat memprihatinkan. Mereka dipaksa untuk bekerja selama 10-16 jam per hari dalam kondisi yang tidak aman dan dengan upah yang minim.

Kecelakaan, bahkan kematian di tempat kerja menjadi hal yang lazim terjadi di masa itu. Buruh yang bekerja pun tidak mendapat perlindungan sama sekali, termasuk buruh di bawah umur atau anak-anak yang turut menjadi pekerja.

Berawal dari kondisi yang memprihatinkan tersebut, pergerakan yang menuntut hak-hak kaum pekerja mulai banyak digelar secara massal di akhir abad ke-19. Salah satu aksi pergerakan yang paling dikenang adalah peristiwa Haymarket di Chicago yang terjadi pada tahun 1886.

Peristiwa Haymarket terjadi pada tanggal 1 Mei hingga beberapa hari setelahnya. Dalam aksi tersebut, para buruh menuntut sejumlah perlindungan bagi pekerja. Salah satunya adalah pembatasan waktu kerja menjadi 8 jam per hari.

Namun, tuntutan itu justru menimbulkan konflik antara kaum pekerja dengan kelompok militer. Imbasnya, puluhan orang terbunuh dalam konflik yang melibatkan senjata api, bom, dan berbagai bentuk eksekusi.

Peristiwa Haymarket yang menjadi sorotan berbagai pihak di dunia adalah cikal bakal ditetapkannya tanggal 1 Mei sebagai Hari Buruh Internasional.

Peringatan Hari Buruh di Indonesia

Di Indonesia, tanggal 1 Mei telah ditetapkan sebagai hari libur nasional sejak tahun 2014. Mengingat banyaknya warga Indonesia yang berprofesi sebagai buruh, May Day kerap dijadikan sebagai ajang untuk menyuarakan aspirasi para pekerja.

Tidak jarang, puluhan bahkan ratusan pekerja turun ke jalan atau kantor pemerintahan untuk melakukan aksi damai. Mereka mengemukakan tuntutan untuk peningkatan upah dan kesejahteraan kaum buruh di tanah air.

Demikian ulasan singkat mengenai sejarah Hari Buruh Internasional. Sejarah mengenai hari-hari besar lain serta berbagai materi pembelajaran yang disajikan secara menarik dan kreatif bisa kalian akses melalui laman Primaindisoft.

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?